Pentingnya Ice Breaking Untuk Menumbuhkan Semangat Belajar Anak PAUD.

Kegiatan Ice Breaking di TK Al Hasanah, Kranggan Temanggung – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Masa kanak-kanak adalah masa yang sangat penting untuk meningkatkan Pendidikan, dimana pada masa ini diperlukan berbagai rangsangan untuk mencapai perkembangan yang optimal.Pembelajaran yang monoton dan kaku akan sangat membosankan bagi peserta didik.Seorang guru dituntut harus bisa kreatif,berinovasi dalam proses pembelajaran terutama pada materi yang dirasa sulit bagi anak TK.Perlu kita ketahui bahwa konsentrasi anak ketika belajar hanya berkisar 15 menit.Untuk membuat suasana kelas yang tidak membosankan maka salah satunya dengan melakukan ice breaking.

APA ITU ICE BREAKING ?

Ice breaking adalah suatu aktivitas di dalam kegiatan yang dirancang untuk mencairkan suasana.

Read More

M.Said (2010,hlm,15) ice breaker adalah permainan atau kegiatan yang berfungsi untuk mengubah suasana kebekuan dalam kelompok.

Antusias anakanak mengikuti ice breaking

MENGAPA ICE BREAKING PENTING ?

Karena ice breaking membantu guru dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung yaitu untuk membantu siswa lebih semangat belajar lagi,siswa yang mengantuk menjadi bergairah lagi,yang tadinya jenuh menjadi segar kembali.

KAPAN ICE BREAKING ?

Ice breaking diberikan ketika kondisi siswa mengalami kelelahan dan kejenuhan yang sangat tinggi.Ice breaking biasa dilakukan dalam waktu 5-10 menit.

Jenis-jenis ice breaking untuk anak TK antara lain permainan/game, tepuk, tebak gambar, sambung kata, kuis, gerak dan lagu.

Dengan adanya ice breaking ketika pembelajaran maka akan membuat suasana kelas menjadi menarik dan menyenangkan, dan tentunya materi pembelajaran akan mudah diterima oleh peserta didik karena sesuai dengan prinsip belajar anak usia dini yaitu belajar sambil bermain.

Oleh : Siti Nur Wahyuningsih, S.Pd Guru TK Al Hasanah Temanggung – Jawa Tengah

Related posts