Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Ular Tangga.

Permainan ular tangga di TK Muslimat NU 180 Garuda Somoroto, Kauman – Ponorogo - Jatim

RadarJateng.com, Pendidikan Berhitung merupakan kemampuan utama seseorang karena berhubungan dengan prestasi akademik, pilihan karir, pekerjaan, pendapatan, kesehatan dan pengambilan keputusan keuangan, untuk itu penting belajar berhitung ketika anak sudah mampu. Berhitung perlu mengajarkan sebagai keterampilan dasar yang penting bagi anak-anak. Umumnya, anak belajar berhitung saat memasuki PAUD atau TK. Cara belajar berhitung anak TK yang tepat perlu dilakukan supaya proses pembelajaran ini dapat berjalan dengan efektif.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menggali kemampuan kognitif pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan pengembangan kemampuan berhitung. Proses belajar berhitung untuk anak TK dapat terasa lebih mudah jika dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Belajar berhitung anak TK bisa dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan, salah satunya dengan bermain. Bermain adalah keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh seseorang individu yang sifatnya menyenangkan, menggembirakan dan menimbulkan kenikmatan yang berfungsi untuk membantu individu mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial, emosi, moral dan emosionalnya. Bermain merupakan kegiatan santai yang menyenangkan tanpa ketegangan (beban) bagi anak.

Salah satu media permainan yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung adalah media permainan ular tangga. Permainan Ular Tangga adalah permainan yang dimainkan dua orang anak atau lebih, sesuai dengan namanya dalam kotak permainan itu ada ular dan tangga dan ada perintah dan gambar-gambar yang ada di dalam setiap kotaknya ada angka 1-100, dan ada juga gambar-gambar hewan agar lebih menarik anak untuk memainkannya dan dapat meningkatkan kognitif anak.

Read More
Guru memberikan pijakan utama sebelum memulai

Menurut Alamsyah dalam bukunya mengemukakan bahwa Ular Tangga adalah jenis permainan yang terbuat dari papan digunakan oleh anak-anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih.  Menurut Ria Kurniah, dalam jurnalnya permainan ular tangga adalah salah satu jenis permainan tradisional yang mendunia. Permainan Ular Tangga terbuat dari kertas yang berisi garis kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambarkan sejumlah tangga atau ular yang menghubungkannya dengan kotak lainnya. Permainan ular Tangga dalam hai ini menggunakan papan yang besar, bisa dibuat dari benner serta dadu besar yang di buat dari kardus dan kain flanel, dan yang menjadi bidaknya adalah anak sendiri.

CARA MEMBUAT MEDIA ULAR TANGGA :

1. Membuat papan ular tangga :

  • Mendesain gambar kotak-kotak ular tangga seperti gambar pada ular tangga dipapan kecil (kertas).
  • Kemudian desain gambar dicetak menjadi sebuah benner dengan ukuran sesuai keinginan/ muat ukuran  anak ( Pion diperankan oleh anak).

2. Membuat dadu :

  • Bentuk pola kubus pada kardus.
  • Gunting pola.
  • Rekatkan dengan lem yang kuat.
  • Setelah membentuk sebuah kubus, tempeli semua sisinya dengan kain flanel warna-warni.
  • Siapkan bulatan-bulatan kecil dari kain flanel kemudian tempelkan bulatan-bulatan tersebut pada permukaan kain flanel sesiai jumlah angka yang diinginkan.
  • Dadu siap digunakan.
Antusias anakanak bermain ular tangga

Aturan Dan Langkah-Langkah Bermain Ular Tangga:

  • Siapkan media permainan yaitu papan permainan ular tangga dan dadu.
  • Semua pemain berada pada petak yang bertuliskan start
  • Pemain menentukan urutan bermain, dengan cara suit
  • Pemain melangkah pada kotak sesuai dengan angka hasil lemparan dadu
  • Angka tertinggi pada dadu adalah 6, maka ketika pemain mendapat angka 6 pada lemparannyamaka pemain tersebut mendapat giliran melempar dadu satu kali lagi.
  • Jika pemain berakhir pada petak yang mengandung kaki tangga maka pemain maju naik ke atasmengikuti tangga tersebut berhenti pada petak angka.
  • Jika pemain berakhir di petak yang mengandung ekor ular tangga maka pemain turun di mulut ular. 8) Bagi pemain yang berhenti di angka terakhir/terbesar, maka dialah yang menang.

Permainan ular tangga ini dibuat untuk mengenalkan tentang pengetahuan kognitif anak, selain kognitif juga dapat mengembangkan beberapa aspek seperti bahasa.motorik dan sosial emosional. Permainan ular tangga ini dapat digunakan guru sebagai media pembelajaran,agar anak lebih semangat dalam belajar. Permainan ular tangga ini juga merupakan media untuk meningkatkan beberapa aspek perkembangan.

Semoga bermanfaat.

Oleh, Purwati, S.Pd Guru TK Muslimat NU 180 Garuda Somoroto, Kauman – Ponorogo – Jatim

Related posts