“FUNBO” Permainan Unik Bikin Belajar Makin Asyik.

Bermain Modifikasi Ular Tangga TK Trisula II Jombang – Jawa Timur.

RadarJateng.com, Pendidikan Monopoli, ular tangga, ludo adalah sebagian dari jenis permaianan yang sudah menyebar dan dikenal khalayak umum. Baik orang dewasa maupun anak-anak mampu memainkannya. Permainan tersebut dimainkan dengan menggunakan alat berupa papan berbentuk persegi dengan berbagai ukuran.

Apa Itu Papan Permainan atau Board Game ?

Papan permainan atau Board Game  merupakan suatu permainan yang menggunakan papan sebagai media utamanya, komponennya berupa lembaran persegi seperti papan yang bahannya bisa bermacam-macam, tapi umumnya dari karton tebal. Board Game telah dimainkan oleh orang Mesir sejak 5.000 tahun yang lalu. Sedangkan di Indonesia sendiri industri board game dimulai dari ajang pameran board game internasional, Essen Spiel 2018 di Jerman. Salah satu jenis board game yang terkenal adalah ular tangga. Namun dengan seiring berkembangnya jaman, model dari permainan ular tangga ini sudah banyak dimodifikasi sehingga lebih menarik dan kreatif.

Read More

”FUNBO” si unik modifikasi dari ular tangga

Funbo merupakan permainan modifikasi dari ular tangga. Permainan ini mengandung angka dan huruf didalamnya yang dapat mengasah kemampuan berpikir kritis pada anak. Cara bermainnya hamper mirip dengan permainan ular tangga, yaitu denga menggunakan dadu sebagai alat bantu. Namun yang membedakan adalah, pada setiap angka dilengkapi dengan bermacam-macam misi yang harus diselesaikan dengan baik. Misi/tugas yang harus diselesaikan dibuat sesuai dengan kemampuan anak.

Motif Permainan Ular Tangga Modifikasi

Manfaat bermain “FUNBO”bagi anak

Selain untuk bermain, FUNBO juga memiliki manfaat bagi anak, antar lain ;

  1. Membanatu anak dalam memecahkan masalah sederhana, Dalam hal ini 6 aspek perkembangan pada abak dapat ditingkatkan. Dengan menggunakan FUNBO, anak dapat mengasah ketrampilannya dalam memecahkan masalah sehingga kedepannya anak mampu berpikir kritis dan memahami cara pemecahan masalah yang dihadapi.
  1. Meningkatkan kemampuan sosialisasi anak, Rasa percaya diri dan malu pada masa perkembangan anak merupakan masalah yang perlu diperhatikan. Melalui FUNBO ini diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut dengan menciptakan lingkungan bermain yang asyik sehingga anak dapat berinteraksi dengan sesame dan lingkungan sekitarnya.
  1. Media pembelajaran yang menyenangkan, Bagi anak-anak, permainan ini merupanak alat bermain yang menyenangkan dan menghibur. Funbo ini juga dapat menjadi media pembelajaran yang menarik bagi anak. Dengan bermain Funbo, anak merasa tertantang untuk menyelesaikan berbagai misi yang ada.

Dengan kehadiran si FUNBO ini diharapkan dapat nengatasi berbagai permasalahan yang muncul pada tahap perkembangan anak. Disamping itu, FUNBO dapat menjadi alap permainan alternative bagi anak sehingga kecenderungan anak bermain gadget dapat dikurangi.

Nah, itu tadi perkenalan FUNBO beserta manfaat untuk anak. Semoga dengan adanya permainan-permainan seperti ini, pembelajaran menjadi asyik dan menarik dan anak menjadi pribadi yang berkarakteristik.

Penulis, Dian Ariyani, S.Pd Guru TK Trisula II Jombang – Jawa Timur.

Related posts