Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Jump Alphabet.

Permainan Jump Alphabet di TKN Pembina Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi ,Sumatera Utara

RadarJateng.com, Pendidikan Bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak- anak usia dini,dengan bermain anak belajar tanpa  merasa di paksa karena anak merasa senang di dalam aktivitas belajarnya.

Media pembelajaran yang tepat digunakan  di Pendidikan Anak Usia Dini adalah  media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan  dalam pembelajaran  mengenal  huruf adalah  Permaianan Jump Alphabet

Permainan Jump Alfabet merupakan salah satu  aktivitas permainan  yang hampir serupa dengan permainan engklek  dengan arena  bermainnya bervariasi  dan melibatkan anak untuk aktif  agar mengoptimalkan  aspek-aspek  perkembangan yang dimilikinya.

Read More

Menurut penelitian  Mila Amalia (2016) universitas lampung, aktivitas permainan Jump Alphabet  dapat meningkatkan kemampuan  mengenal huruf dan membaca pada anak ,bermain Jump Alphabet merupakan permainan yang dapat melatih daya ingat anak dalam mengingat  huruf yang berpengaruh pada perkembangan kecerdasan anak dalam mengenal huruf.

Antusias anak – – anak belajar huruf di TKN Pembina Kecamatan Bajenis, Kota Tebing Tinggi ,Sumatera Utara

Dalam aktivitas  bermain engklek Jump Alphabet selain dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak juga dapat mengembangkan aspek perkembangan fisik motoric kasar anak ,membuat kemampuan fisik anak  menjadi kuat karena dalam permainan ini anak di haruskan melompat-lompat  di atas huruf,dapat juga mengasah aspek social emosional  yaitu kemampuan bersosialisasi  dengan orang lain,dan melatih untuk  sabar menunggu giliran untuk bermain.

Langkah-langkah bermain Jump Alphabet

  • Guru menyiapkan arena bermain jump Alphabet berupa gambar  yang telah di desain  dan  tertera  rangkaian huruf pada kata ‘bintang’ yang dapat di lompati dan dimain kan oleh 2 orng anak,
  • kemudian mereka sama- sama melempar dadu secara bersamaan ,setelah dadu jatuh dan anak melihat  huruf anak segera melompat  menuju huruf yang di lemparnya  dengan bertahap  melewati urutan huruf,misal,pada dadu muncul huruf t berarti anak harus melompati huruf b,i,dan n terlebih dahulu,
  • setelah selesai anak mengambil kartu yang bertuliskan bintang kemudian anak Menyusun kartu huruf menjadi kata ‘bintang’,siapa yang terlebih dahulu menyelesaikannya maka,dialah yang akan menjadi pemenangnya.

Penulis : Dewi Afrida,S.Pd,TKN PEMBINA KECAMATAN BAJENIS Kel.Bandar Sakti,Kec.Bajenis Kota Tebing Tinggi SUMUT

Related posts