Pentingnya Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini.

Kegiatan Sholat di TK Midanutta'lim Murong Mayangan, Jogoroto – Jombang – Jawa Timur

RadarJateng.com, PendidikanAgama  berperan sangat penting dalam mengatur sendi – sendi  kehidupan manusia dan mengarahkannya kepada kebaikan bersam. Agama dan Beragama adalah satu kesatuan, namun memiliki makna yang berbeda. Agama merupakan sebuah ajaran kebaikan yang  menuntun manusia kembali  kepada  hakikat kemanusiaannya. Pembinaan  ajaran – ajaran  moral sangat  penting  untuk di lakukan sejak usia dini karena memiliki pengaruh terhadap  kehidupan anak di masa yang akan mendatang. Pembinaan  moral  moral perlu di lakukan agar anak menjadi manusia  yang  berkarakter. Anak di sebut karakter apabila perilakunya sesuai dengan nilai moral.

Nilai Moral dan Agama sangat berperan dalam perilku anak usia dini, sehingga anak mampu berinteraksi dan bersikap  sesuai dengan  pertumbuhan  dan perkembangannya. Pendidikan moral sangat penting di ajarkan kepada anak sejak usia dini terutama pada masa  sekarang  ini, di mana pengaruh teman atau media sosial yang sangat besar. Itulah mengapa  begitu  pentingnya  aspek nilai  agama dan moral untuk anak usia dini. Anakanak itu  bagaikan selembar kertas putih yang  masih bersih. Dan apa yang kita  ajarkan kepada mereka itu bagaikan tinta hitam yang terpatri pada anak.  Maka dari itu sejak dini anakanak harus di ajarkan hal – hal yang baik menurut moral dan agama.

Dan hal ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada anak pada saat  menghadapi kehidupan di hari – hari berikutnya hingga dia dewasa. Mengajari anak usia dini itu memang tidak harus dengan kekerasan  dan memaksa.  Cara yang peling ampuh untuk memberikan pelajaran atau didikan kepada anak adalah dengan cara memberi anak contoh dengan sikap kita sehari – hari. Sebab anak adalah sifatnya meniru, sebab kita yang dalam kesehariannya berada di sekitar anak, dan pasti akan di perhatikan dan di contoh oleh anak. Maka dari itu dalam berperilaku ketika di hadapan anak kita harus berhati – hati, dan kita harus bisa memberikan contoh yang baik di depan anak.

Read More

Berikut ini adalah pentingnya menanamkan  aspek nilai Agama  dan moral kepada anak usia dini, diantanya   adalah:

  1. Memperkenalkan anak kepada tuhan.
  2. Mengajarkan anak cara  beribadah.
  3. Membentengi sikap anak  dari  hal – hal  yang  buruk.
Pentingnya Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini.

Memperkenalkan anak kepada tuhan.

Salah satu tujuan menanamkan aspek agama kepada anak  usia  dini adalah untuk  memperkenalkan  anak tentang  keberadaan tuhan. Bagaimana pun anak harus mengetahui adanya tuhan, dan siapa tuhan itu. Mungkin saat masih kecil anak di berikan pengajaran agama yang di anut oleh orang tua terlebih dahulu, ketika usia 18 tahun lebih anak boleh memilih agama mana yang akan di anut. Alasan kenapa penting sekali mengajarkan anak tentang adanya tuhan sejak sini adalah untuk memberikan  anak tentang pengetahuan siapa yang menciptakannya, siapa yang menciptakan langit bumi dan seisinya. Supaya anak bisa mengagungkan penciptanya. Menetapkan keimanan di dalam hati anak memang akan sedikit lebih sulit, maka dari itu perkenalkan anak mengenai tuhan dengan bahasa  yang  sederhana  dan dapat  di mengerti oleh anak.

Mengajarkan anak cara  beribadah.Dengan memperkenalkan  anak tentang agama saat ini akan  mengajarkan anak apa dan bagaimana ibadah yang baik itu. Sehingga ketika sudah besar anak sudah mengerti apa yang harus ia lakukan sebagai  orang yang beragama dan juga sudah faham bagaimana cara beribadah yang baik dan benar, sehingga ibadah sudah menjadi kebiasaan sejak dini.

Membentengi sikap anak  dari  hal – hal  yang  buruk.

Agama manapun akan mengajarkan  kebaikan, begitupun dengan hukum moral. Maka dari itu dengan mengenalkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak dini akan membentengi anak dari hal – hal yang buruk. Dengan di ajarkan  aspek nilai agama dan moral anak akan lebih tau apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dia lakukan. Mana yang baik di hadapan tuhan dan apa yang di larang oleh tuhan. Semua itu penting untuk menjadikan pribadi anak yang baik hingga masa depannya nanti.

Antusias AnakAnak Belajar Sholat di TK Midanutta’lim Murong Mayangan, Jogoroto – Jombang – Jawa Timur

Anak yang sudah terbiasa di didik dengan ajaran yang baik, kelak ketika sudah menjadi dewasa akan menjadi pribadi yang baik dan bijaksana, menanamkan  nilai moral dan agama yang bagus. Sehingga kecil kemungkinan anak menjadi orang yang buruk peringainya. Penanaman nilai  nilai dan aspek nilai agama dan moral  yang kuat kepada anak, nantinya akan mencegah anak melakukan hal – hal negatif, karena dalam hati anak akan tertanam nilai moral dan agama, sehingga ketika akan berbuat jahat misalnya, anak akan takut bahkan jika terlanjur melakukan sang anak nantinya akan memperoleh penyesalan dalam dirinya.

Itulah mengapa begitu pentingnya bagi orang tua untuk menanamkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak usia dini. Jika anak di biarkan hingga dewasa tanpa pengenalan aspek  nilai moral dan juga agama, maka akan sulit untuk meluruskan sikap anak yang sudah terlanjur buruk atau tidak baik, jadi lebih baik di lakukan sejak sekarang.

Oleh, Indawati, S.Psi Guru TK Midanutta’lim Murong Mayangan, Jogoroto – Jombang – Jawa Timur

Related posts