Mengenal Pohon Jati Dan Manfaatnya Kepada Anak Usia Dini.

Belajar tentang pohon jati di Tk PGRI 3 Kapongan , Situbondo – Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Tanaman pohon jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi, pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m.Berdaun besar yang luruh dimusim kemarau, jati dikenal dunia dengan nama teak(bahasa inggris) merupakan serapan dari kata “thekku” dalam bahasa Malayalam, yaitu bahasa dari kerala, indian bagaian selatan. saat ini pohon jati banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia, misal bahan baku furniture, mebel, peralatan rumah tangga serta penyangga stuktur bangunan.

Kayu jati merupakan komuditas hasil hutan andalan bagi berbagai daerah di Indonesia, seperti Blora, Jepara, Grobogan, Pati dan Sragen yang memiliki beberapa sentra pengrajin mebel berbahan kayu jati.Jenis pohon jati dengan muitu terbaik biasanya diperoleh dari pohon yang telah berusia lebih dari 80 tahun. Dengan kata lain, semakin tua jati maka semakin baik juga dalam menghasilkan kualitas jati yang lebih kuat.

Pohon jati sebagai media belajar

Berikut ciri_ciri morfologis dan karakteristik jati dianataranya yaitu:

Read More
  •  Akar, Saat masih muda, akar pohon jati berkembang pesat. Namun tidak lama kemudian akar tunggangnya bercabang sehingga menutupi akar utamanya, arah tumbuh akarnya kesamping dan bercabang lagi menghadap tegak lurus kebawah.
  • Batang, Batang pohon jati tumbuh tegak lurus dengan bentuk yang silindris dan tipe percabangan tetragonal, kulit batang jati berwarna kuning keabuan dan berstruktur retak atau pecah dangkal dengan alur memanjang batang.
  • Daun, Daun jati memiliki bentuk bulat seperti bulat telur terbalik dan menempel pada batang secara berpasangan, permukaanannya ditumbuhi bulu halus pada sisi atas serta bawah.
  • Bunga dan Buah, Bunga jati mempunyai bunga biseksual yang akan berbunga pada musim penghujan atau sekitar bualn Oktober sampai bulan November di pulau jawa. Apabila sudah waktunya berbunga maka tajuk akan berwarna keputihan.

Buah dari pohon jati berbentuk drupe dan termasuk dalam biji orthodox yang dapat dipanen pada bulan Mei hingga September. Jenis kayu jati sangat beragam dan bermacam_macam, diantaranya:

  •  Jati Emas
  • Jati perhutani
  • Jati Rakyat

Manfaat pohon jati

  1. Membantu mengurangi gejala asam lambung
  2. Membantu mengobati cacingan
  3. Perawatan kulit
  4. Daun pohon jati kaya antioksidan
  5. Mempercepat penyembuhan luka
  6. Merangsang pertumbuhan rambut
  7. Anti jamur.
Antusias anakanak belajar di Tk PGRI 3 Kapongan , Situbondo – Jawa Timur

Sebagai pendidik wajib bagi kami mengenalkan tanaman pohon jati yang ada diwilayah kami dan manfaatnya untuk berbagai kebutuhan manusia, apalagi anak usia dini masih banyak yang kurang pengetahuannya tentang tanaman pohon jati dalam pembelajaran mengenal pohon jati akan memberikan stimulasi anak dalam aspek perkembangan bahasa dan perkembangan aspek lainnya .Tergugah hati kami untuk menyusun perencanaan pembelajaran dilembaga kami. Sesuai dengan apa yang telah kami rencanakan dalam RPPH yaitu, Tema: Tanaman, Subtema: Tanaman pohon, Sub – sub tema: bagian_bagian tanaman pohon jati.

Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan dengan pohon jati dalam pembelajaran anak usia dini, selalin memberikan info tentang pohon jati, dari daunnya bisa digunakan untuk membuat pewarna alami, dari rantingnya bisa digunakan untuk kegiatan looseparts, dan masih banyak lagi.

Penulis, WASITA.S.Pd Guru Tk PGRI 3 Kapongan , Situbondo – Jawa Timur

Related posts