RadarJateng.com, Pendidikan – Conny R. Semiawan (2008: 19-20) mengungkapkan bahwa permainan adalah berbagai kegiatan yang sebenarnya dirancang dengan maksud agar anak dapat meningkatkan beberapa kemampuan tertentu berdasarkan pengalaman belajar. Permainan adalah alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya dari yang tidak anak kenal sampai pada yang anak ketahui dan dari yang tidak dapat diperbuatnya sampai mampu melakukannnya. Kartu huruf adalah salah satu media pembelajaran yang disukai anak dalam belajar membaca permulaan. Dengan metode bermain menebak huruf dan menyusun huruf sesuai gambar anak-anak akan merasa lebih senang untuk belajar.
Maimunah hasan (2009: 65) mengungkapkan bahwa kartu huruf adalah penggunaan sejumlah kartu sebagai alat bantu untuk belajar membaca dengan cara melihat dan mengingat bentuk huruf dan gambar yang disertai tulisan dari makna gambar pada kartu. Azhar Arsyad (2005: 119) mengungkapkan bahwa kartu huruf adalah kartu abjad yang berisi gambar, huruf, tanda simbol, yang meningkatkan atau menuntun anak yang berhubungan dengan simbol-simbol tersebut. Namun demikian kata huruf yang dimaksud disini adalah kartu huruf yang dibuat sendiri dengan bentuk persegi Panjang terbuat dari kertas putih. Satu sisi terdapat tempelan potongan huruf dan satu sisinya lagi terdapat tempelan gambar benda yang disertai tulisan dari makna gambar tersebut. Jadi berdasarkan penjelasan tersebut dapat ditegaskan bahwa metode permainan kartu huruf adalah suatu kegiatan dengan menggunakan alat berupa kartu huruf yang terdapat simbol huruf dan gambar yang disertai tulisan dari makna gambarnya, dengan tujuan meningkatkan kemampuan mengetahui atau mengenal dan memahami huruf abjad.
Manfaat kartu huruf:
- Merangsang anak belajar secara aktif
- Melatih peserta didik memecahkan persoalan, melalui permainan kartu huruf, anak anak mampu memecahkan yang terkait dengan kemampuan mengenal huruf, karena dengan permainan kartu huruf anak anak dapat belajar dengan mudah tentang bentuk bentuk huruf
- Menimbulkan persaingan yang sehat antar anak, penerapan permainan kartu huruf kepada anak-anak dapat menimbulkan rasa disiplin dan menumbuhkan jiwa sportif pada diri anak-anak, sehingga dapat menimbulkan persaingan yang sehat antar anak-anak.
- Menumbuhkan percaya diri pada anak.
Media kartu huruf mempunyai kegunaan sebagai berikut:
- untuk memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis.
- mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera,
- menimbulkan kegairahan belajar,
- memungkinkan interaksi yang lebih langsung anatara peserta didik dengan lingkungan kenyataan,
- memungkinkan peserta didik belajar sendiri -sendiri menurut kemampuan dan minatnya. Kartu gambar tersebut disimpan dalam satu kotak yang menunjukkan jumlah kartu dan sebuah kelompok gambar. kelompok gambar mempermudah dalam mengkondisikan situasi belajar, keterlibatan anak secara aplikatif dengan bantuan guru yang proaktif akan menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan efisien. Guru bertindak sebagai fasilitas pembelajaran yang dilaksanakan.
Penulis ,Radni Manda Sari,S.Pd guru TK NEGERI 1 Sintang Kalimantan Barat