Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tutup Botol Pintar TK Muslimat NU 2 Purnama Sumberpucung.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tutup Botol Pintar TK Muslimat NU 2 Purnama Sumberpucung

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia Tk adalah anak yang berada pada rentang usia dini. Masa usia dini merupakan masa perkembangan yang sangat penting dan sering disebut golden age bagi kehidupan seseorang.Pendidikan anak usia dini hendaknya dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, salah satunya adalah aspek perkembangan kognitif.

Kognitif adalah suatu proses berfikir yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai,dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa ( Despa Ayuni,2019 ). Pada dasarnya perkembangan kognitif dimaksudkan agar anak mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui panca indranya, sehingga dengan pengetahuan yang didapatkan tersebut anakakan  dapat melangsungkan hidupnya dan menjadi manusia utuh sesuai dengan kodrat sebagai makluk tuhan yang harus memberdayakan apa yang ada di dunia ini untuk kepentingan dirinya dan orang lain ( Wahyudi & Diningrat,2021 )

Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat. Usia dini merupakan kesempatan baik bagi anak untuk belajar ( Novia & Jaya,2021 ). Proses perkembangan manusia secara utuh telah dimulai sejak janin dalam kandungan ibunya dan memasuki usia emas ( The Golden Age ) sampai usia 6 tahun. Usia 0-6 tahun merupakan masa peka bagi anak, karena perkembangan kecerdasannya mengalami peningkatan yang sangat signifikan ( Nirawat & Yetti,2019 ). Untuk mengembangkan dan menstimulasi setiap perkembangan anak maka disediakanlah suatu wadah dalam jenjang pendidikan, yang disebut dengan Pendidikan anak usia dini. sSalah satu aspek perkembangan yaitu aspek perkembangan kognitif. Kemampuan kognitif memegang peranan penting dalam perkembangan anak, namun kemampuannya juga tidak kalah pentingnya. Kemampuan kognitif terdiri dari pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran, pola dan matematika ( Abdah Munfaridatus Sholihah,2020 )

Read More

Menurut (Retnaningrum, 2016) mengatakan ketika bermain, anak mengungkapkan keinginan, pemikiran, perasaan, dan menjelajahi lingkungannya, serta menjalin hubungan sosial dan mengembangkan kemampuan sosial, kognitif, spiritual, moral, emosional secara bersamaan. Piaget mengemukakan bahwa bermain merupakan kebutuhan anak, dapat menimbulkan rasa senang, memberikan kesempatan untuk bereksplorasi, menemukan dan menggunakan benda-benda yang ada di sekitarnya, mengekspresikan perasaan, berkreasi dan belajar secara menyenangkan serta mendapatkan pengetahuan baru (Febiola, 2020).

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tutup Botol Pintar TK Muslimat NU 2 Purnama Sumberpucung

Media bermain yang tepat, menarik dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak salah satunya media tutup botol pintar. (Eni Novita, 2018). Metode bermain dengan menggunakan media permainan tutup botol dapat meningkatkan pembelajaran perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Berhitung merupakan salah satu pelajaran yang paling utama dan penting diberikan pada anak-anak yang berada pada taman kanak-kanak. Belajar berhitung dapat membangun proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak akan memiliki kesiapan dan bekal kemampuan berhitung untuk dibawa ke jenjang yang lebih tinggi (Febrician & Damri, 2019).

Tutup botol merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kognitif anak. Media tutup botol adalah media konkrit yang merupakan tutup botol bekas minuman yang sudah tidak terpakai (Wang et al., 2019). Benda konkrit dalam buku pedoman permainan berhitung permulaan yang dikutip oleh (Miranda et al., 2017) merupakan material yang nyata untuk disentuh, dilihat, dan diungkapkan melalui kemampuan verbal anak. Bermain mencocokkan angka melalui permainan tutup botol yaitu bermain menggunakan tutup botol dengan dengan cara yang menyenangkan (Cui, 2019). Tutup botol merupakan media sederhana yang mudah di temukan di lingkungan tempat tinggal anak. Tutup botol yang biasanya terbuang menjadi barang bekas, maka peneliti mencoba memamfaatkannya untuk media pembelajaran edukatif yang menyenangkan serta menarik bagi anak, karena dimodifikasi dengan cat dengan berwarna warni (Kabilan & Khan, 2012).

Dengan kegiatan yang inovatif, akan menambah pengalaman anak dalam menemukan pengalaman baru yang bermakna dan berbeda dari biasanya, tidak hanya sekedar terbatas pada sumber bahan kertas, dan anak akan mengenal media tutup botol sebagai bahan untuk meningkatkan kognitifnya (Despa Ayuni, 2019). Selain itu mencocokkan angka melalui permainan tutup botol mempunyai kelebihan yaitu dapat mengenal angka, dapat mencocokkan angka, dapat membedakan angka dan memberikan pengalaman kognitif lainnya. Kemampuan berhitung yang perlu diajarkan anak usia 4-5 tahun ialah mengenali serta memahami konsep, membilang serta mengurutkan lambang bilangan, dimana proses berhitung dilakukan sesuai dengan kemampuan anak yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan (Zulaichah, 2019). Dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan berhitung permulaan tentunya dibutuhkan media yang dapat membantu anak memahami pembelajaran dengan baik seperti media pembelajaran melalui totop botol pintar.

Penulis : Inggar Ribut Sri Wahyuni, S. Pd Guru TK Muslimat NU 2 Purnama Sumberpucung, Malang – Jawa Timur

Related posts