Media Pop-Up Untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Pada Anak.

Media Pop-Up Untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Pada Anak

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentan usia 0-6 tahun (Undang-undang Sisdiknas tahun 2003) dan 0-8 tahun menurut para pakar pendidikan anak. Perkembangan anak usia dini terdiri dari aspek nilai agama dan moral, Bahasa, kognitif, fisik motorik, seni dan sosial emosional. Ada banyak sekali cara yang dapat ayah bunda lakukan untuk dapat memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan aspek perkembangan anak. Dalam masa ini, anak memasuki masa usia emas (golden age). Masa golden age merupakan masa-masa kritis anak menyerap segala informasi yang ia dengar, lihat dan rasakan. Maka dari itu penting sekali memberikan stimulasi yang tepat sesuai pada anak usia dini. Salah satu aspek yang perlu dioptimalkan adalah aspek Bahasa. Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi anak untuk menyampaikan keinginan, harapan, gagasaan,dan permintaan dirinya sendiri. Salah satu kemampuan Bahasa anak usia 4- 5 tahun adalah kemampuan menceritakan Kembali isi cerita yang di dengarnya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menceritakan Kembali isi cerita adalah media pop-up. Media pop-up adalah media yang memiliki bagian yang timbul atau bergerak. Kegiatan menceritakan Kembali isi cerita menggunakan media pop-up  ini bisa dilakukan ayah bunda dirumah.

TKM Pijenan, Bantul – DIY Bercerita Menggunakan Media Pop-Up

Berikut cara membuat media pop-up sederhana yang dapat dilakukan dirumah. Ayah bunda hanya perlu menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut :

  • Kertas karton
  • Gambar-gambar hewan / buah
  • Double tape
  • Gunting

Cara membuatnya pun cukup sederhana yaitu :

Read More
  1. Siapkan kertas karton berukuran 25cmx 25cm.
  2. Lipat kertas karton tersebut menjadi 2 bagian yang sama.
  3. Gunting 2 bagian pada tengah-tengah lipatan kertas karton.
  4. Tempelkan gambar buah/ hewan pada bekas kertas karton yang sudah digunting.
  5. Media pop-up sudah siap digunakan untuk bercerita.

Penggunaan media pop -up dalam kegiatan menceritakan Kembali isi cerita yaitu :

  1. Kondisikan anak untuk duduk dengan tenang dan siap untuk mendengarkan cerita dari ayah bunda.
  2. Ayah bunda menyiapkan media pop-up yang sudah dibuat.
  3. Ayah bunda mulai bercerita menggunakan media pop-up sambil membuka pop-up yang menunjukkan gambar hewan/ buah dll. Ulangi hal ini sampai ayah bunda selesai bercerita.
  4. Setelah ayah bunda selesai bercerita, ajak anak untuk menceritakan Kembali isi cerita yang sudah di dengarnya tadi. Anak boleh diijinkan menggunakan media pop-up yaitu dengan membuka lembaran demi lembaran. Anak -anak pasti sangat antusias dan senang saat dilibatkan menggunakan media pop-up.

Nah itu tadi penggunaan media pop-up yang menjadi salah satu media untuk menceritakan kembali isi cerita anak. Sangat  mudah bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba ayah bunda.

Penulis : Dita Asih Fitantri, S. Pd Guru TKM Pijenan, Bantul – DIY

Daftar Pustaka

  • Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Related posts