Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak.

Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak

RadarJateng.com, Pendidikan Di Dalam dunia pendidikan abad 21 kita sebagai pendidik di tuntut untuk berinovasi, kreatif, dan inovatif. Pendidikan merupakan dasar utama dalam mencetak generasi yang kreatif dan cerdas. Sebagai pendidik juga harus mengembangkan diri di dalam profesi kita untuk anakanak masa depan. Anakanak merupakan usia emas atau golden age yang harus kita stimulus dan kita rangsang dalam setiap aspek perkembangannya. Pendidikan yang utama adalah keluarga, kemudian dilanjutkan pendidikan formal di bangku sekolah.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) identik dengan bermain, dimana sebagian waktunya dihabiskan untuk bermain. Karakteristik anak yang unik dapat mengembangkan imajinasi anak dalam kegiaan bermain seraya belajar sehingga anak akan lebih aktif dan senang bermain apa saja sesuai apa yang dia sukai dan yang inginkan. Bermain adalah kebutuhan untuk  istirahat  yang dimiliki oleh anak dan beraktifitas secara kreatif sesuai dengan minat anak. Untuk pengembangkan seluruh aspek perkembangan anak guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam memfasilitasi/ menyediakan media pembelajaran yang aman, kondusif dan menarik untuk kegiatan bermain anak, untuk itu guru harus kreatif dalam menciptakan alat permainan edukatif yang cocok untuk anak dan sesuai dengan usia anak.

Penggunaan Papan Angka

Alat Permainan Edukatif (APE ) adalah segala sesuatu yang dapat di pergunakan sebagai sarana dan prasarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai karakteristik Pendidikan untuk anak dan dapat merangsang perkembangan berfikir anak dalam mengembangkan seluruh aspek kemampuan ( potensi ) anak saat belajar.

Read More

Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan yaitu barang bekas yang berada disekitar anak atau disekitar lingkungan terdekat yang mudah didapat, selain itu tidak memerlukan biaya dan aman untuk kegiatan anak sehingga dapat digunakan sebagai alat permainan edukatif (APE) yang dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif. Alat permainan edukatif (APE) dari kardus bekas untuk media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu anak dapat mengenal konsep lambang bilangan dengan kegiatan bermain tersebut.

Media Papan Angka

Nama media, Papan Angka

Tujuan, Meningkatkan kemampuan keaksaraan awal mengenal huruf abjad dan mengembangkan pengetahuan sains anak melalui berbagai macam – macam warna,

Alat dan bahan : Penggaris, Spidol, Kardus Bekas, Tutup botol bekas

Spesifikasi ukuran kardus dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Langkah-langkah dalam pembuatan stick bergambar huruf vocal adalah sebagai berikut :

  1. Gunting kardus berbentuk persegi panjang sebanyak 1 buah, ukuran sesuaikan kebutuhan
  2. Garis pola bentuk persegi sesuai kebutuhan
  3. Menulis huruf angka diatas tutup botol menggunakan spidol hitam

Semoga info ini bermanfaat.

Penulis : Astrilia Wijayanti, S.Pd Guru TK Aldercy Islamic School Surakarta – Jawa Tengah

Related posts