Melatih Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas

Kegiatan Melipat Kertas di TK GKST Imanuel Palu, Sulawesi Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Masa anak usia dini merupakan masa keemas an atau sering disebut dengan Golden Age. Pada masa ini otak anak mengalami perkembangan yang begitu cepat. Hal ini berlangsung pada saat anak dalam kandungan hingga usia dini, yaitu usia nol sampai enam tahun. Oleh karena itu, pengembangan secara tepat di usia dini menjadi penentu bagi perkembangan selanjutnya.

Adapun aspek-aspek anak usia dini meliputi aspek perkembangan Bahasa, Kognitif, Nilai Agama dan Moral, Fisik Motorik, Sosial Emosional dan Seni. Pengoptimalan perkembangan anak dapat dilakukan lewat jalur Pendidikan yaitu melalui kegiatan pembelajaran. Salah satu jalur Pendidikan Formal untuk anak usia dini adalah Taman Kanak-Kanak.

Dalam ilmu psikologi anak memiliki kemampuan meniru yang luar biasa serta rasa ingin tahu yang tinggi. Kegiatan meniru dalam pembelajaran salah satunya adalah meniru bentuk. Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan anak dalam meniru bentuk ? diantaranya adalah meniru membuat garis tegak dan miring menjadi bentuk huruf, mencoret bentuk serta meniru melipat kertas sederhana.

Read More

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih motoric halus anak yaitu kegiatan melipat kertas sederhana. TK GKST Imanuel Palu merupakan salah satu Taman Kanak-Kanak yang berada di Kota Palu, tepatnya di jalan Prof.Moh Yamin Nomor 25 Kelurahan Tanamodindi, Kecamatan Palu Selatan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Tentunya sangat memperhatikan perkembangan anak khususnya perkembangan motoric halus pada anak usia dini. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih motoric halus anak adalah melipat kertas. Kegiatan melipat kertas bertujuan untuk melatih koordinasi mata dan otot-otot tangan serta berkonsentrasi.

Memiliki keterampilan melipat kertas bisa menjadi modal awal anak sebagai bekalnya nanti dalam mengurus dirinya sendiri. Selain itu melipat kertas juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk. Misalnya bentuk baju, perahu, dan masih banyak lagi. Kegiatan melipat kertas salah satu kegiatan yang positif dilakukan di sekolah untuk mengoptimalkan kemampuan motoric halus anak. Sekolah juga mengharapkan melalui kegiatan pembelajaran melipat kertas sederhana dapat melatih kemampuan motoric halus anak, yang berdampak positif bagi perkembangan motoric anak.

Penulis : Christella Kolly, S.Pd . TK GKST IMANUEL, KELURAHAN TANAMODINDI, PALU SELATAN, KOTA PALU SULAWESI TENGAH

Related posts