“Panggung Gembira Ceria Menumbuhkan Kepercayaan Diri”.

Panggung Gembira Ceria Menumbuhkan Kepercayaan Diri

RadarJateng.com, Pendidikan Menumbuhkan rasa percaya diri perlu dilakukan sejak usia dini, karena percaya diri itu bekal untuk lebih mandiri dan  bisa menjadi pribadi yang sukses di masa depan. Para ahli mengatakan, kepercayaan diri merupakan modal penting bagi seseorang untuk bisa meraih kesuksesan, terutama kelak saat ia dewasa. Berdasarkan studi yang dilakukan Haydar, Avcu & Isiclar (2010) percaya diri memiliki dampak yang sangat baik pada saat seseorang mengekspresikan diri selama hubungan interpersonal dan membuat hubungan dengan orang lain. Bertindak tanpa percaya diri dapat menyebabkan isolasi atau penafsiran dari seorang individu dari masyarakat. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa sikap percaya diri adalah hal yang sangat penting bahkan percaya diri muncul sejak manusia dilahirkan, tetapi percaya diri ini akan berubah sejak anak mulai berkembang. Untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak, kami menerapkan salah satu tips bagaimana cara untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia dini. Sesuai yang kami terapkan di Lembaga kami, kami memfasilitasi dan kami beri nama “Panggung Gembira Ceria” dimana panggung ceria itu  bertujuan agar anak bisa mengekspresikan seperti menyanyi sesuai yang diminati, bercerita pengalamanya, hafalan-hafalan surat pendek, hadits bershalawat bahkan berekspresi sesuai keinginan anak. Setiap hari kami membiasakan  saat anak baru sampai sekolah, kami mempersilahkan untuk naik “Panggung Gembira Ceria” untuk berekspresi sesuai keinginan anak, yang awal-awal hanya berdiri dan memegang microfon saja, Karena pembiasan kami yang mengaktifkan panggung gembira ceria, alhamdulillah berjalannya waktu semua anak dengan berani dan percaya diri memegang microfon untuk berekspresi.

Panggung Gembira Ceria Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Berikut Langkah-langkah untuk menumbuhkan rasa percaya diri melalui Panggung Gembira Ceria :

1. Guru mengrahkan anak untuk membuat pilihannya sendiri, Kami bisa memulainya dengan cara paling sederhana. Seperti memberi pilihan pada anak untuk memilih berekspresi sesuai minat anak. Dengan begini, anak akan terlatih untuk bisa membuat pilihan-pilihan

Read More

2. Memberi pujian terhadap anak yang mau tampil/ berani mengekspresikan di Panggung gembira ceria

3. Tetap memberikan apresiasi kepada anak yang belum berani berekspresi di Panggung Gembira Ceria

4. Berekspresi Bersama dengan anak di Panggung Gembira ceria untuk memotivasi anak agar berani berekspresi

Selain itu, Panggung gembira ceria ini juga menjadi alternatif anak untuk persiapan pentas seni saat pelepasan/Akhirussanah. Jadi, pembiasaan anak saat anak panggung anak bisa lebih siap dan berani saat tampil di depan umum Dari Panggung Gembira Ceria bermanfaat untuk mengeksplorasi kemampuan anak  untuk mengasah ketrampilan bahasa, terampil berkomunikasi dan menjadi pribadi untuk percaya diri.

Dikutip dari Dr. Bill Sears, dokter anak dari Amerika Serikat, pada websitenya, kepercayaan diri merupakan bekal penting bagi seseorang untuk memiliki kebahagiaan mental dan sosial. Panggung Gembira Ceria ini kami buat sederhana tapi tetap berunsur dunia anak. Panggung gembira ceria ini kami buat dari 3 krat telur dan atasnya kami lapisi dengan karpet bekas yang sudah tidak terpakai, untuk menarik perhatian anak kami beri hiasan dari banner bekas, dan banner bekas kami manfaatkan yang bagian belakang banner tersebut dan di tempel tulisan PANGGUNG GEMBIRA CERIA dari kertas hvs yang sudah tidak terpakai lagi, jadi kami memanfaatkan barang yang sudah terpakai lagi.

Penulis : Nailis Sa’adah, S. Pd Guru TK Muslim Terpadu Dinado Kudus, Jawa Tengah

Related posts