Pemanfaatan Penggunaan Media Canva Untuk Media Pembelajaran Yang Inovatif.

Pemanfaatan Penggunaan Media Canva Untuk Media Pembelajaran Yang Inovatif di SDN Tempuran 01, Kec. Bringin Kab. Semarang – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Di era digitalisasi ini, sebagai seorang guru harus mampu untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Salah satu perkembangan zaman yang harus diikuti adalah dengan penggunaan teknologi. Dimasa digitalisasi ini, semua orang sudah mulai mengenal teknologi dan cara pemanfaatannya. Perkembangan dan pemanfaatan teknologi sangat berpengaruh disegala aspek kegiatan. Salah satunya adalah bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut dalam bidang pendidikan. Sebagai seorang pendidik, kita harus dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan. Salah satu cara yang dapat kita lakukan, adalah dengan memanfaatkan media CANVA. CANVA merupakan salah satu website yang digunakan untuk membuat video pembelajaran, edit video, membuat PPT, poster, dll.

Penggunaan CANVA sangat bermanfaat sebagai tenaga pendidik dalam menunjang pembelajaran. Pembelajaran akan lebih bermakna jika dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Pembelajaran harusnya dapat berpengaruh terhadap minat, semangat, dan hasil belajar dari peserta didik itu sendiri. Sebagai tenaga pendidik tentunya harus dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan mencoba belajar menggunakan CANVA. Dalam CANVA kita dapat membuat PPT yang inovatif, karena di CANVA disediakan beberapa background yang menarik sehingga nantinya peserta didik akan memiliki minat mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Selain itu, kita juga dapat membuat video pembelajaran yang inovatif dan kita juga bisa menambahkan animasi berupa kartun atau animasi yang lainnya. Penggunaan CANVA juga dapat digunakan sebagai pembuatan poster yang nantinya juga akan bermanfaat untuk pembelajaran dan kegiatan di sekolah.

Untuk itu, sebagai tenaga pendidik harusnya dapat mengikuti perkembangan zaman. Salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan memanfaatkan CANVA untuk pembuatan media pembelajaran yang inovatif. Dengan membuat media pembelajaran yang inovatif, tentunya minat, semangat, dan hasil peserta didik akan meningkat. Media pembelajaran sangat berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Untuk itu, jangan pernah lelah untuk belajar dalam hal baru terutama dalam bidang pendidikan, Karena tugas kita sebagai tenaga pendidik adalah untuk mencetak genarasi penerus yang akan berguna bagi nusa, bangsa, dan negara.

Read More

“Berubah itu sulit, karena setiap perubahan butuh pengorbanan dan perjuangan. Tetapi dibalik itu semua pasti ada hal indah yang akan diterima.”

Penulis : Ananda Farida Irawati, S.Pd. Guru SDN Tempuran 01, Kec. Bringin Kab. Semarang – Jawa Tengah

Related posts