“Kegiatan Membuat Sate Buah Dapat Meningkatkan Minat Anak Memakan Buah-Buahan”.

Membuat Sate Buah di TK Aisyiyah Bulak, Karanganyar. Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Makanan bergizi sangatlah baik untuk perkembangan dan pertumbuhan Anak. Banyak makanan yang mengandung gizi salah satunya adalah buah-buahan. Tidak semua anak-anak suka memakan buah-buahan. Di salah satu sekolahan TK di Daerah Kabupaten Karanganyar melakukkan kegiatan membuat sate buah dengan berbagai toping. “Saya mengambil tema buah semangka dan ada 3 kegiatan yang salah satunya yaitu membuat sate buah “, kata Bu Ervira sebagai guru kelas. Anak-anak sangat antusias dalam melakukkan kegiatan tersebut, ada anak yang menusuk buah sambal memakannya ada pula yang menyusun sesuai keinginan.

Kegiatan ini dapat melatih berbagai perkembangan, dari perkembangan social emosional, kognitif, fisik motorik, seni dan Nilai Agama dan Moral. Anak-anak menjadi memiliki pengetahuan yang lebih tentang buah-buahan yang disajikan, serta anak-anak yang awalnya tidak suka dengan buah menjadi suka, bahkan keesokan harinya ada anak-anak yang membawa sate buah dari rumah dikarenakan suka dengan buah dan dengan penyajian buah tersebut. Sesuai harapan guru kelas, anak-anak menjadi suka dengan buah buahan dikarenakan sudah melakukkan kegiatan bersama-sama dengan teman-teman disekolahan.

Bahan Membuat Sate Buah di TK Aisyiyah Bulak, Karanganyar. Jawa Tengah

Guru menyediakan berbagai buah seperti semangka, mangga, papaya kemudian guru juga menyediakan berbagai toping, ada keju, mesess, susu. Anak-anak dengan bebas memilih toping yang disukai.

Read More

Kemudian anak-anak langsung menusuk buah yang disukai dan memberinya toping. Anak-anak boleh melakukkanya secara berulang hingga buahnya habis. Setelah anak-anak selesai melakukkan kegiatan membuat sate buah. Kemudian anak-anak berkumpul bersama berdoa serta menikmati sate buah bersama teman-teman. Karena hasil membuat sate buahnya banyak, sehingga anak-anak kelompok B berbagi dengan kelas lain.

Kegiatan ini sangat menyenangkan dan mempunyai banyak manfaat. Selain membuat sate buah, kulit dari buah semangka juga dijadikan kegiatan membuat kapal. Semoga dilain hari ada banyak kegiatan-kegiatan yang lebih menyenangkan lagi. Aamiin. Terima Kasih.

Penulis : Ervira Dwi Rohmawati, S. Pd Guru TK Aisyiyah Bulak, Karanganyar. Jawa Tengah

Related posts