Kreativitas Dalam Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Alat Musik.

Kreativitas Dalam Memanfaatkan Barang Bekas Menjadi Alat Musik di TK Kandil Bahar, KecTambelan Kab Bintan - Kepulauan Riau

RadarJateng.com, Pendidikan Musik adalah karya cipta berupa bunyi atau suara yang memiliki nada, irama dan keselarasan. Musik yang dimainkan menjadi komposisi terpadu dan berkesinambungan dapat memberikan pengaruh terhadap emosi dan kognisi. Seni musik adalah ekspresi perasaan yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi. Pada dasarnya, musik dibangun oleh nada, amplitudo, timbre, serta unsur waktu.

Menurut Brainly musik sendiri dapat kita maknai sebagai suatu kombinasi antara nada, vokal, dan juga instrumental yang harmoni di mana hal tersebut untuk mengekspresikan segala sesuatu yang mana bersifat emosional. Menurut Otti Jamalus, arti seni musik adalah sesuatu yang menghasilkan karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi. Karya seni tersebut mengungkapkan pikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.

Anak dapat diajari untuk memainkan alat musik sederhana kemudian mementaskannya. Maka sangat baik bila di setiap sekolah ada kelompok musik, karena kegiatan ini selain membantu mengembangkan kecerdasan musikal juga para pendengarnya. Menurut Gagner yang dikutip oleh Munif Chatib kecerdasan musikal merupakan bentuk bakat manusia yang paling awal muncul. Keahlian di bidang musik bergantung pada bertambahnya pengalaman hidup sehingga mungkin saja, seorang anak berusia 3 tahun mampu megenali nada-nada lagu yang didengarnya.  Maka dari itu, anak yang memiliki bakat musik perlu dibina dan digunakan sebagai sarana tambahan untuk meningkatkan pembelajaran. Perhatian harus diberikan untuk mengoptimalkan bakat yang potensial ini karena tidak ada orang yang sama sekali tidak memiliki apresiasi terhadap musik.

Read More
Beragam Alat Musik Pembelajaran

Pendidikan menemukan bakat yang potensial dalam diri anak dan menghasilkan suatu lingkungan yang akan memungkinkannya untuk berkembang sudah layak menjadi salah satu dari tujuan pendidikan. Kecerdasan irama-musik adalah kecerdasan yang pertama dari kecerdasan manusia yang harus dikembangkan dari sudut pandang neurologis, berkat dunia suara, irama dan getaran yang kita rasakan sementara kita masih berada dalam kandungan. Ia menyebutkan beberapa alasan mengapa kecerdasan musikal perlu dikembangkandan dioptimalkan, antara lain

  1. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi,
  2. Meningkatkan kecerdasan,
  3. Meningkatkan daya ingat, dan
  4. Memabantu mengajarkan kecerdasan lainnya.

Alasan-alasan di atas, memberikan pengertian bahwa mengembangkan kecerdasan musikal merupakan hal yang penting. Pembelajaran musik melalui praktik langsung membuat anak menjadi memiliki pengalaman belajar dan memberikan dampak-dampak positif yang telah disebutkan di atas. Melalui pembelajaran sesuai dengan krakteristik kecerdasannya juga dapatmeningkatkan motivasi belajar anak sehingga anak dengan mudah menerima kecerdasan ritmik atau kecerdasan musikal/ritmik.) Musik  juga dapat berperan dalam menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak, hal ini karena saat mendegarkan musik, sel-sel otak anak lebih aktif bekerja. Memainkan alat musik dapat melatih kemampuan motorik dan sensitiv telingan untuk mengembangkan koordinasi antara berbagai macam indra.

Kita dapat menghasilkan berbagai alat music dengan memanfaatkan Barang-barang yang tidak terpakai di rumah jika dibiarkan hanya akan menjadi sampah yang tidak berguna. Padahal, ada beragam cara memanfaatkan barang bekas, di antaranya membuat alat musik kreatif dari barang bekas. Dengan membuat alat musik dari barang bekas, kita tidak perlu membeli alat musik yang mahal harganya, tetapi justru bisa memanfaatkan barang yang tidak berguna. Tak hanya itu, cara ini juga cocok digunakan untuk bahan edukasi kepada anak-anak untuk berkreasi dan berimajinasi Ada banyak macam alat musik dari barang bekas yang mudah dibuat, di antaranya gitar, drum mini,  marakas, gendang,dll. Semua alat musik itu dibuat dengan barang bekas yang hampir selalu ada di rumah, seperti kardus, botol bekas, kaleng bekas dan lain sebagianya. Seperti apa alat musik yang dari barang bekas tersebut ?

Penulis : Afriana, S.Pd Guur TK Kandil Bahar, KecTambelan Kab Bintan – Kepulauan Riau

Related posts