Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Menggunakan Kantong Bilangan Di TK PGRI III Sumurdalam Besuk Probolinggo.

Media Kantong Bilangan

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan Anak usia dini (PAUD) adalah sosok individu yang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya.Anak usia dini berada pada rentan 0-6 tahun.kemampuan dasar yang harus di kembangkan dasar yang harus di kembangkan meliputi kemampuan bahasa, fisik/motorik,seni , dan kemampuan kognitif. Kemampuan adalah sifat lahir dan di pelajari yang memungkinkan seseorang dapat meyelesaikan pekerjaannya. Menurut Takdirotun (Ratnawati 2020) “ Angka atau bilangan adalah lambang atau symbol yang merupakan suatu objek yang terdiri dari angka angka tersebut” . Untuk meningkatkan anak berhitung dengan baik dan benar bisa melewati media pembelajaran dengan menggunakan kantong bilangan, karena dapat merangsang anak untuk merespon dengan baik apa yang telah di sampaikan oleh guru.dan salah satunya lagi media tersebut yaitu kartu angka atau alat peraga kartu yang merupakan alat alat atau perlengkapan yang di gunakan oleh seorang guru dalam mengajar yang berupa kartu dengan bertuliskan angka sesuai dengan tema yang di ajarkan.

Berdasakan pengalaman yang ada di TK PGRI III sumurdalam besuk probolinggo ,pembelajaran mengenal angka sebenarnya telah di terapkan pada anak kelompok B dalam membedakan dan memahami angka angka yang di kenalkan pada anak.ini terjadi karena metode yang di gunakan guru masih menggunakan metode yang sederhana,pada pengembangan kognitif khususnya mengenal angka.guru memberikan perintah kepada anak untuk mengambil pensil masing masing kemudian guru memberikan contoh kepada anak untuk menulis angka 11 – 20 hal ini menyebabkan pembelajaran yang itu itu saja.jadi dengan menggunakan pengenalan angka dengan media kantong bilangan akan lebih menarik minat anak untuk belajar mengenal angka.

Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Menggunakan Kantong Bilangan Di TK PGRI III Sumurdalam Besuk Probolinggo

Tujuan utama pembelajaran adalah : Anak dapat mengenal angka dengan menggunakan kartu angka yang berbentuk kantong bilangan

Read More

Tujuan pendukung dalam melaksanakan pembelajaran adalah :

  1. Anak berlatih bersabar menunggu giliran memasukkan gambar jeruk yang di tempel ke stik ke dalam kantong bilangan
  2. Anak mampu mengenal bentuk dan warna jeruk
  3. Anak mampu membedakan kasar dan halusnya buah

Alat dan bahan yang di gunakan: Spidol,gunting,gambar jeruk,cutter,lem,kertas karton, kertas origami,stik es krim.

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Menyediakan kertas karton untuk menepelkan kantong bilangan yang terbuat dari kertas origami
  2. Kemudian gambar jeruk kita temple ke stik es krim
  3. Dan terakhir kita tulis kalimat “kantong bilangan “ di kertas karton yang sudah di tempelin kantong bilangan dari kertas origami.

Langkah – langkah media kantong bilangan:

  1. Guru menyuruh anak menghitung gambar jeruk
  2. Kemudian anak memasukkan gambar jeruk kedalam kantong bilangan sesuai jumlah.
  3. Anak juga dapat mengenal warna dari kantong bilangan yang terbuat dari kertas origami
  4. Anak juga dapat mengenal huruf dari tulisan kantong bilangan tersebut.

Dengan demikian anak akan merasa senang dan tertarik dalam mengenalkan kemampuan kognitif dengan menggunakan permainan kantong bilangan.

Penulis : Lusita Anggraeni, S.Pd Guru TK PGRI III Sumurdalam Besuk Probolinggo – Jawa Timur

Related posts