Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini..

Penggunaan Media Audio Visual di TKIT Al Uswah Magetan, Magetan - Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Pada era digital seperti saat ini guru dituntut untuk mencipatakan pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu alternatif yang dapat guru gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar anak adalah menggunakan media audio visual (video). Dalam praktiknya guru dapat membuat video pembelajaran yang melibatkan anak dan mengupload pada laman youtube. Video yang telah dibuat dapat dimanfaatkan guru sebagai sumber belajar, maupun dimanfaatkan untuk menginspirasi guru guru lain. Melibatkan anak dalam membuat video bisa dengan beberapa cara diantaranya: memberikan penugasan maupun merekam kegiatan saat anak outing. Dalam memberikan penugasan, guru bisa meminta tolong orang tua untuk merekam video anak untuk bercerita tentang suatu topik. Guru bertugas untuk mengedit video agar menjadi menarik dan dapat diputar saat di kelas. Hal ini selain melatih anak untuk percaya diri juga dapat meningkatkan motivasi belajar anak.

Media audio visual dapat digunakan dalam memaksimalkan pembelajaran berbasis teknologi. Seperti yang dikemukaakan oleh Mukminan dalam jurnal SOCIA Volume 15. No.1 Juni 2016, 53-72. Pengertian media audiovisual dijelaskan oleh Zaini (2009, pp.99-102) media audiovisual adalah media/alatalat yang audible artinya dapat didengar dan alat-alat yang visible artinya dapat dilihat. Dapat disimpulkan yang termasuk golongan media audiovisual diantaranya sebagai berikut: (1)film bersuara,(2)televisi (TV), (3)video cassette atau VCD.

Pada masa sekarang banyak inovasi pembuatan video pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Salah satunya guru dapat mengakses melalui laman youtube, maupun portal portal pendidikan yang menyediakan video pembelajaran. Audio-visual pembelajaran berbasis teknologi dapat digunakan sebagai sarana alternatif dalam mengoptimalkan proses pembelajaran, seperti yang dikemukakan Haryoko dalam Jurnal Edukasi@Elektro Vol. 5, No. 1, Maret 2009. Media audio visual memuat beberapa aspek antara lain :

Read More
  1. Mudah dikemas dalam proses pembelajaran.
  2. Lebih menarik untuk pemebalajaran
  3. Dapat di edit (diperbaiki) setiap saat.

Media Audio Visual dapat meningktakan motivasi belajar siswa. Berdasarkan Wirawan 2020 dalam Khoiriyah dkk Jurnal Bimbingan Konseling dan PsikologiVolume 4, Nomor1, Tahun Edisi 2021,Halaman 16. Penggunaan media audiovisual selain dapat meningkatkan motivasi belajar juga dapat meningkatkan minat belajar anak.

.Penulis : Anisa Indah Permata, S.Pd Guru TKIT Al Uswah Magetan Jawa Timur

Related posts