Fun Cooking : Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Fun Cooking .

Fun Cooking di TK Putra lll Jakarta Pusat

RadarJateng.com, Pendidikan Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, maka sebagai pendidik di Taman Kanak-kanak diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki anak, salah satu diantaranya adalah kreativitas anak.  Usia 4-6 tahun merupakan masa peka yang penting bagi anak untuk mendapatkan pendidikan. Pengalaman yang di peroleh anak dari lingkungan, termasuk stimulasi yang diberikan oleh orang dewasa, akan mempengaruhi kehidupan anak di masa yang akan datang. Oleh karena itu diperlukan upaya yang mampu memfasilitasi anak dalam masa tumbuh kembangnya berupa kegiatan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan usia, kebutuhan dan minat anak.

Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan karena kreativitas dapat meningkatkan prestasi akdemik (Yamamoto, 1964 dalam Palaniappan). Sehingga, semakin tinggi kreativitas yang dimiliki seseorang maka semakin tinggi pula prestasi akademik yang diraih. Anak-anak, dalam hal ini anak usia dini yang memiliki kreativitas tinggi di sekolah hendaknya tidak diabaikan, akan tetapi kemampuan tersebut harus dikembangkan dan didukung penuh baik di lingkungan sekolah maupun keluarga, sehingga anak dapat mengeksplor kemampuannya tersebut. Pada istilah produk, kreativitas merupakan kemampuan dalam menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru. Produk kreatif harus bersifat observable, baru, berguna dan merupakan kualitas unik individu dalam interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Sedangkan pada istilah press mengacu pada aspek dorongan internal, yaitu kemampuan kreatif sebagai inisiatif yang dihasilkan individu dengan kemampuannya untuk mendobrak pemikiran yang biasa.

Kreativitas pada anak adalah kemampuan untuk menghasilkan pemikiran-pemikiran yang asli, tidak biasa, dan sangat fleksibel dalam merespon dan mengembangkan pemikiran dan aktivitas (Abdurrahman, 2005). Pada anak usia dini kreativitas akan terlihat jelas ketika anak bermain, dimana ia menciptakan berbagai bentuk karya, lukisan ataupun khayalan spontanitas dengan alat mainannya. Bermain merupakan dunia anak-anak, sehingga anak-anak tidak terlepas dari bermain yang merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan spontan. Sehingga hal tersebut memberikan dampak positif bagi anak seperti bagaimana anak dapat mengeksplor lingkungan ketika bermain, melepas emosi negatif pada diri anak, dan memberikan rasa aman secara psikologis pada anak.

Read More

Dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk belajar maupun kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan berkelompok untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama-sama dan dapat meningkatkan keterampilan kooperatif anak melalui interaksi.

Fun Cooking di TK Putra lll Jakarta Pusat

Fun cooking adalah sesuatu hal yang menyenangkan sama halnya saat anak memakan makanan yang sudah jadi namun kali anak terlibat juga dalam proses pembuatan makanannya tersebut. Kebanyakan anak sangat bersemangat saat mendapat kesempatan untuk melakukan tugas-tugas yang nyata, bukan berpura-pura dalam melakukannya, tetapi benar-benar melakukan. Fun cooking merupakan wahana yang tepat untuk TK/PAUD yang mampu menumbuhkan dan meningkatkan pengalaman belajar anak secara langsung. Melalui kegiatan fuun cooking anak dapat mengembangkan kreativitasnya lewat kegiatan memasak bersama dan menciptakan subuah karya lewat memasak sesuai dengan kegiatannya serta menyenangkan. Kegiatan fun cooking misalnya yaitu bermain wajah di rotiku, menghias bekal makanku, membentuk dari adonan makanan, dan lain lain. Kegiatan tersebut sangat membutuhkan pemikiran imajinasi anak, fisik motorik, serta kerjasama anak untuk mencurahkan imajinasi dalam bentuk yang nyata.

Bermain fun cooking berkreasi terhadap bahan makanan mentah bersama teman-temannya dengan mengaktifkan seluruh indera anak dan membutuhkan daya kreativitas serta kerjasama yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Daya kreativitas dan kerjasama dikerahkan ketika anak mengolah semua bahan makanan bersama temannya, membentuk adonan makanan, dan menyajikan makanan. Kegiatan fun cooking merupakan salah satu cara stimulasi perkembangan kerjasama anak dalam golongan bermain menciptakan produk (hasta karya) dan bermain ekperimen, kegiatan fun cooking juga dapat ini dapat dilakukan dirumah ataupun di sekolah.

Kegiatan fun cooking merupakan kegiatan yang membutuhkan kolaborasi antara guru dan anak dalam setiap tahapannya. Dimulai dengan berdiskusi antara guru berdiskusi dengan anak untuk mengetahui apa saja yang ingin dilakukan saat kegiatan memasak, makanan apa saja yang akan dibuat, serta proses apa saja yang akan dilakukan saat kegiatan memasak. Terdapat lima tahap dalam kegiatan fun cooking yaitu mengumpulkan informasi, menentukan tujuan, mengidentifikasi segala hambatan dan kemungkinan, membuat perencanaan, dan refleksi atas kegiatan yang terjadi.

Penulis : Darojah, S.Pd. Guru TK Putra lll, Jl. Pam baru ll No.1 Jakarta Pusat

Related posts