Media Pohon Angka Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini.

Media Pohon Angka Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia dini merupakan anak dengan rentang usia 0-8 tahun. Pada masa ini anak mengalami perkembangan yang sangat pesat dan cepat. Menurut Khairi, 2018 Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuan dan perkembangan yang sangat pesat, bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan. Anak usia dini memiliki rentang usia yang sangat berharga dibanding dengan usia-usia selanjutnya karena perkembangan kecerdasannya sangat luar biasa. Usia tersebut merupakan fase kehidupan yang unik, dan berada pada masa proses perubahan berupa pertumbuhan, perkembangan, pematangan, dan penyempurnaan, baik pada aspek jasmani maupun rohaninya yang berlangsung seumur hidup, bertahap dan berkesinambungan.

Pentingnya pemberian stimulus yang tepat pada anak usia dini dapat membantu perkembangan anak menjadi lebih pesat. Stimulus dapat diberikan dengan cara bermain, karena dunia anak tidak akan lepas dengan bermain. Melalui bermain anak belajar banyak hal yang dapat mengembangkan potensi anak.

Media Pohon Angka Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini

Stimulus yang dapat diberikan pada aspek pengemabangan kognitif adalah dengan mengenalkan lambang bilangan. Mengenalkan lambang bilangan pada anak dapat distimuluskan dengan menggunakan pohon angka modifikasi.

Read More

Media  pohon  angka  merupakan salah  satu media  pembelajaran  yang  dapat  mendorong  anak  atau  menstimulus  anak  dalam  mengenal lambang  bilangan  angka  dengan  tepat. Noge,  M.D. dalam (Febiola:2020). Menggunakan pohon angka dapat menarik belajar angka, apalagi dengan diberikan modifikasi anak-anak akan semakin tertantang untuk bermain pohon angka tersebut karena belum pernah memaikannya. Adapun Langkah-langkah bermain pohon angka modifikasi :

  1. Siapkan pohon angka lengkap dengan paku pin
  2. Siapkan potongan kayu kecil atau potongan kertas yang sudah ada 2 lubang pada ujungnya
  3. Jelaskan aturan main bahwa paku kertas itu tajam dan jika lepas harus segera konfimasi pada bu guru
  4. Anak mengambil potongan kayu kecil yang sudah ada lubang diujungnya
  5. Anak Menyusun kayu tersebut pada pohon angka yang sudah ada paku pinnya hingga membentuk angka
Media Pohon Angka Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini

Cara pembuatan media pohon angka modifikasi ini sangatlah sederhana. Bisa juga  menggunakan pohon angka yang sudah ada. Modifikasi diperlukan agar anak tidak merasa bosan juga dapat menstimulus perkembangan yang diinginkan.

Berikut bahan-bahan dalam membuat pohon angka modifikasi

  1. Kayu atau kertas untuk membuat pohon angka dan dipotong kecil untuk membuat angkanya
  2. Paku pin

Adapun cara pembuatan pohon angka modifikasi :

  1. Buatlah pohon angka dari kertas atau kayu (saya menggunakan pohon angka yang sudah ada dari kayu)
  2. Buatlah potongan kayu kecil dan buatlah lubang pada ujungnya
  3. Pasang paku pin pada pohon angka yang sudah jadi sesuai panjang potongan kayu yang sudah dibuat

Tujuan dari penggunaan media pohon angka modifikasi angka ini adalah mengenalkan lambang bilangan pada anak. Alasan pembuatan media pohon angka modifikasi ini adalah anak terbalik dalam menuliskan lambang bilangan terutama angka 6 dan 9. Maka dibuatlah media pohon angka modikasi tersebut.

Penggunaan media pohon angka modifikasi tersebut dihatapkan dapat meningkatkan pemahaan anak tentang lambing bilangan. Memberikan informasi cara membuat angka, karena pada proses bermain pohon angka modifikasi anak bermain menyusun potongan kayunya step by step sehingga anak tidak lagi membuat atau menulis angka yang terbalik.

Penulis : Rina setiawati, S.Pd TK Aisyiyah 3 Surabaya – Jawa Timur

Daftar Pustaka :

Khairi, Husnuzziadatul. “KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DARI 0-6 TAHUN”. Jurnal Warna 02, no. 02 (2018) :16

Febiola, Komang Ayu. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3, no 2 (2020) : 241

Related posts