Belajar Mengenal Pecahan Dengan Media Sederhana Kertas Lipat Untuk Anak SD.

Belajar Mengenal Pecahan Dengan Media Sederhana Kertas Lipat Untuk Anak SD

RadarJateng.com, Pendidikan Proses belajar mengajar yang dilaksanakan tentunya memiliki tujuan pembelajaran, tujuan pembelajaran tersebut akan tercapai dengan baik jika terjalin kerjasama yang baik antar guru dan siswa serta didukung oleh proses pembelajaran yang menyenangkan. Dalam proses pembelajaran yang menyenangkan tentunya guru harus pandai dalam menentukan model dan media pembelajaran yang tepat dan menyenangkan.

Selama ini sebagian besar siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika itu sulit dan membosankan oleh karena itu guru harus pandai membawa suasana pembelajaran yang mengesankan, salah satunya menggunakan media sederhana yang selama ini ada di sekitar kita.

Materi pecahan memang sebelumnya sudah dikenalkan pada jenjang kelas rendah tetapi Sebagian besar siswa kelas tinggi pun masih banyak yang bingung dengan konsep pecahan itu sendiri, agar siswa lebih paham bagaimana konsep pecahan tersebut kita bisa mengenalkan konsep pecahan pada siswa dengan menggunakan kertas lipat, media ini sangat mudah didapat.

Read More
Belajar Mengenal Pecahan Dengan Media Sederhana Kertas Lipat Untuk Anak SD

Bagaimana caranya? Caranya yaitu pertama tetap ingatkan kepada siswa mana bagian pecahan yang disebut penyebut dan yang disebut pembilang, kemudian lipat kertas sejumlah si pembilang dari pecahan tersebut, jika sudah arsir bagian kertas lipat tersebut sesuai jumlah pembilang dari pecahan tersebut, contohnya jika kita akan mengenalkan pecahan  7/12, maka lipat kertas menjadi 12 bagian kemudian dari lipatan tersebut arsirlah 7 bagian.

Tujuan dari penggunaan media kertas lipat ini adalah untuk membantu guru dalam menjelaskan konsep pecahan pada siswa sekolah dasar, diharapkan dengan penggunaan media kertas lipat pada konsep pecahan ini akan melekat pada ingatan jangka panjang siswa.

Penulis : Rina Anggraeni, S.Pd,  SDN TELAJUNG 04, Kec. Cikarang Barat Kab. Bekasi

Related posts