Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Melalui Permainan Papan Angka.

Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Melalui Permainan Papan Angka

RadarJateng.com, Pendidikan Anak usia dini sering disebut dengan anak prasekolah yang memiliki masa peka dalam perkembangannya, dan terjadi pematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon berbagai rangsangan dari lingkungannya yang secara khusus anak mudah menerima stimulus-stimulus tertentu. Masa ini penting bagi anak untuk mendapatkan pendidikan yang mampu memfasilitasi anak dalam masa tumbuh kembangnya berupa kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan usia, kebutuhan dan minat anak.

Perkembangan  kemampuan kognitif dapat dipahami sebagai kemampuan anak untuk berpikir lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran, pemecahan masalah,dan melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui pancainderanya, sehingga dengan pengetahuan yang didapatkannya anak akan dapat melangsungkan hidupnya. Salah satu tingkat pencapaian perkembangan yang perlu dikembangkan pada anak adalah mengenal angka 1 sampai 10 dan lambang bilangannya merupakan bentuk untuk menggambarkan angka-angka. Untuk dapat menstimulus perkembangan kognitif anak usia dini ini, diperlukan kepekaan guru, pendidik maupun orang tua dalam memberikan pemahaman melalui permainan yang sederhana  namun tetap menyenangkan bagi anak.

Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Angka Melalui Permainan Papan Angka

Guru dapat menggunakan media papan angka dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1 sampai 10 dan lambang bilangannya, dengan menggunakan media tersebut diharapkan dapat mengalihkan perhatian anak dalam belajar seraya bermain, anak-anak dapat lebih cepat dalam mengenal angka dan lambang bilangannya serta menyebutkan angka dengan urut. Media ini mempunyai gambar benda dengan angka-angka. Anak dapat bermain melalui menyebutkan, membilang dan memasangkan, sehingga aspek yang dikembangkan dapat dicapai dengan maksimal. Media papan angka mempunyai multifungsi, sehingga anak-anak tidak akan mudah bosan untuk memainkannya karena isi dari media tersebut dirancang sesuai tema dan kebutuhan.

Read More

Media papan angka yang digunakan oleh guru dapat menggunakan media bergambar buah–buahan yang menarik untuk anak. Mainan papan angka ini terdiri dari 2 komponen yaitu papan angka dan potongan angka. Papan angka ini adalah tempat untuk menggantungkan potongan angka. Papan ini terbuat dari sterofom yang ditempelkan angka 1 sampai 10. Sedangkan potongan angka terbuat dari bahan kardus yang dibentuk menjadi persegi panjang dan ditempeli dengan tulisan angka serta lambang bilangan yang berwarna-warni. Potongan angka ini sebagai komponan penting dalam menyusun angka yang sesuai dengan angka yang tertera di papan angka.

Adapun langkah-langkah dalam memainkan permainannya seperti:

  • Guru menyiapkan papan angka yang sudah ditempel dengan angka danpotongan angka untuk di gantungkan di papan angka
  • Guru meminta anak untukbergantianmenggunakan papan angka
  • Guru dapat mengajak anak bermain mencari angka dengan cara anak mencari potongan di dalam kardus yang sudah disediakan oleh guru
  • Setelah menemukannya potongan angka, anak menggantungkan angkasesuai denganangka yang tertera di papan angka
  • Lalu, anak menggantungkansendiri potongan angkadipapan angka dengan tepat
  • Anak menyebutkan angka yang digantungkan
  • Lalu guru meminta anak menuliskan angka tersebut di papan tulis
  • Kemudian anak dapat juga untuk mengurutkan angka dari 1 – 10 dengan media papan angka

Semoga informasi di atas bermaanfaat bagi kita semua.

Penulis : TRISNAWATI RAMBE, S.Pd. UPTD. TK NEGERI 1 AEK BATU, KECAMATAN TORGAMBA, KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN, SUMATERA UTARA

Related posts