Mengenalkan Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini dengan Media Es Krim Mainan.

Mengenalkan Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini dengan Media Es Krim Mainan

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini merupakan Pendidikan yang sangat penting , di mana pada usia ini anak berada pada masa keemasan , anak dengan mudahnya menerima dan menyerap apa saja yang ia lihat dan ia dengar. Anak Usia Dini sangat memerlukan bimbingan dan stimulasi yanag tepat dari orang dewasa., umtuk bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Rangsangan yang diberikan akan menggali segala potensi yang dimiliki anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak akan optimal apabila pemberian  rangsangan dilakukan secara tepat dan berkesinambungan.

Ada enam aspek perkembangan pada anak usia dini yaitu , nilai agama dan moral, soial emosiaonal, Bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni. Keenam perkembangan aspek tersebut perlu di stimulasi dengan tepat agar anak daptat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Salah satu aspek  yang akan dikembangkan di sini adalah aspek kognitif.

Menurut Soemiatri,2003:27 Kognitif memiliki arti yang luas mengenai berfikir dan  mengamati yang akan menjadikan anak memperoleh pengetahuan. Vygotsky ( dalam Mutiah,2010:138) menyatakan bahwa permainan adalah suatu setting yang bagus bagi perkembangan kognitif, ia tertarik khususnya pada aspek aspek simbolis dan khayalan suatu permainan. Untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak di perlukan permainan .yang membuat anak tertarik, pemilihan media yang menarik juga hal yang tak kalah  penting . Media pembelajaran memudahkan anak dalam memahami sesuatu yang bersifat abstrak, media yang digunakan dapat berupa benda tiruan atau gambar. Salah satu Media yang tepat dan menarik untuk memudahkan anak mengenal lambang bilangan adalah dengan media es krim mainan, dalam mengenalkan lambang bilangan pada permainan ini melalui tahap mengenal lambang bilangan dimulai dari menegnalkan konsep bilangan terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan mengenal lambang bilangan.

Read More
AnakAnak Antusias Mengenalkan Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan dengan Media Es Krim Mainan

Media es krim mainan ini sangat mudah untuk dibuat, alat dan bahannya adalah stik es krim, kertas origami, lem, kertas spektra, gunting, kardus bekas.

Langkah langkah :

  • Gunting kertas origami lalu lengketkan pada stik, gunting sudut sudutnya agar terlihat seperti es krim,
  • potong kardus bekas ukuran 60cm x 30cm lalu bungkus dengan kertas spektra berwarna hitam. kardus ini gunanya sebagai nampan
  • cara membuat cangkirnya : gunting kertas spektra ukuran 7cm x 16cm lalu bentuk seperti tabung, rekatkan ujungnya hingga menyatu. Pada bagian bawah gunting kelilingnya sekitar satu senti agar mudah di lekukkan ke dalam lalu tempel pada nampan yang sudah di buat. Di sini tabung sudah menempel pada nampan , untuk membuat tangkai cangkir gunting kertas spektra  1cm x 7 cm tempelkan ujung atas dan ujung bawah pada tabung hingga membentuk seperti cangkir yang bertangkai. Buatlah cangkir sebanyak 10 buah , tempel pada nampan. Beri angka 1 – 10 pada sisi depan cangkir.

Pada permainan ini minta anak untuk mengambil es krim misalnya sebanyak lima buah lalu anak di suruh menghitung jumlah es krim mainan, setelah anak menghitung minta anak untuk memasukkan kedalam cangkir yang sudah tertera angka 5. Permainan ini tentunya sangat asik sekali bagi anak., anak akan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Selamat mencoba.

Penulis : IMELDA, S.Pd, TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 17 MEDAN

Related posts