Media Sederhana Dalam Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini.

Media Sederhana Dalam Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini

RadarJateng.com, Pendidikan Usia dini merupakan usia penting bagi perkembangan intelegensi seseorang, karena usia dini dapat menentukan pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak dan mereka juga mampu menyerap informasi yang sangat tinggi dari lingkungannya. Pembelajaran pada anak usia dini dilaksanakan dengan kegiatan yang berpusat pada anak melalui bermain. Bermain bagi anak usia dini sangat penting karena dapat menambah pemahaman anak, meningkatkan kecakapan hidup dan memecahkan masalah.

Bermain memiliki peran penting dalam perkembangan bahasa, sosial emosional, fisik motorik, kognitif, maupun moral anak serta dapat mengembangkan kemampuan anak dalam memecahkan masalah sehari-hari. Oleh sebab itu kita sebagai pendidik anak usia dini harus bisa lebih kreatif dalam menciptakan permainan dan melihat potensi lingkungan serta mampu mendesain kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak.

Media Sederhana Dalam Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini

Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang penting untuk dikembangkan dan diperhatikan adalah perkembangan bahasa, khususnya perkembangan dalam mengenal huruf. Karena melalui huruflah anak-anak dapat melakukan komunikasi secara simbolis/tertulis. Perkembangan mengenal huruf adalah tahap perkembangan anak dalam mengetahui dan memahami tanda aksara tata tulis yang merupakan huruf abjad dalam melambangkan bunyi bahasa serta memiliki keterkaitan antar bentuk dan bunyi huruf. Perkembangan anak dalam mengenal huruf dapat dilihat ketika anak sudah dapat menyebutkan simbol-simbol huruf, dan anak sudah dapat mengelompokkan/menyebutkan huruf depan dari sebuah benda atau sebaliknya

Read More

Pengenalan huruf pada anak sejak usia dini sangat penting dilakukan agar anak dapat mengenal huruf-huruf untuk persiapan membaca dan menulis. Mengenalkan huruf pada anak sejak dini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak untuk mempersiapkan diri dalam belajar membaca dan menulis dengan baik pada saat anak memasuki sekolah selanjutnya yang lebih tinggi.

Peran media dalam sebuah pembelajaran merupakan hal yang terpenting karena digunakan sebagai pengantar atau perantara untuk menyampaikan sebuah pembelajaran. Dengan adanya media yang inovatif, dimaksudkan dapat sebagai penghubung agar anak dapat mengingat apa yang telah dipelajarinya dan pembelajarannya pun lebih bermakna. Adapun media yang digunakan dalam pengenalan huruf pada anak usia salah satunya melalui media kantong Ajaib yang cukup mudah dibuat. Alat dan bahan antara lain clemek, kain flannel, gunting, lem tembak, spidol.

Media Sederhana Dalam Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini

Cara membuatnya

  1. Potong kain flannel menjadi beberapa potongan
  2. Kemudian tulislah huruf menggunakan spidol
  3. Setelah ditulis hurufnya, guntinglah sesuai bentuk hurufnya

Cara penggunaannya

  1. Guru atau orang tua menunjukkan huru pada anak yang diambil dari kantong Ajaib
  2. Guru atau orang tua memberi contoh cara mengambil huruf dari kantong Ajaib lalu ditempelkan dibagian luar kantong Ajaib.
  3. Anak mencontoh dan maju satu persatu untuk melakukannya.
Media “Kantong Ajaib”

Rachmawati (2005: 132)mengemukakan bahwa “Kantong ajaib bertujuan untuk berpikir kreatif dan imajinasi serta meningkatkan kemampuan pengamatan dan daya ingat, serta menciptakan kegembiraan melalui latihan kepekaan indra peraba”.

Tujuan penggunaan media kantong ajaib adalah untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf vocal dan konsonan pada anak usia dini, sehingga anak dapat belajar mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan.

Semoga info ini bermanfaat bagi kita semua.

Penulis : Wahyuningsih, S. Pd , TK Islam Sabiilul Muhsiniin, Kalirejo Lawang Malang-JawaTimur

Related posts