PENERAPAN MEDIA “WATERFALL ON THE CD-R” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (PENGETAHUAN TENTANG ASAL MULA TERJADINYA PELANGI) KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BUJEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI.

PENERAPAN MEDIA “WATERFALL ON THE CD-R” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (PENGETAHUAN TENTANG ASAL MULA TERJADINYA PELANGI) KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BUJEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI

RadarJateng.com, Pendidikan Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa Dalam kenyataannya fenomena-fenomena kejadian alam hanya dijadikan bahan cerita saja oleh guru pada pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, anak hanya mendengarkan ceramah-ceramah yang disampaikan guru tanpa mencoba bereksplorasi melakukan percobaan terjadinya fenomena alam tersebut. Salah satu fenomena alam yang terjadi disekitar kita adalah munculnya pelangi di alam raya. Kebanyakan anak tidak tahu bagaimana terjadinya pelangi? Guru pun berperan sebagai orang-orang kuno yang hanya bercerita indahnya pelangi, anak-anak dibuai dengan lagu “pelangi”, bahkan kadang guru menceritakan sisi non logisnya, adanya pelangi menandakan turunnya bidadari dari langit yang akan mandi di laut berjalan dalam bentangan pelangi, yang kesemuanya merupakan penjelasan yang abstrak dan tidak ilmiah, tanpa diberi pemahaman bagimana proses terjadinya pelangi. Hal ini merupakan salah satu tantangan bagi seorang guru untuk memberikan pemahaman secara ilmiah yang dapat memberi pengetahuan anak tentang fenomena alam yang indah tersebut

Untuk memberi pengetahuan secara logis tentang fenomena terjadinya pelangi, peneliti melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan media “Waterfall On The CD-R” kepada anak.

Penggunaan Media WATERFALL ON THE CD-R

Media Waterfall on The CD merupakan miniatur media tentang kejadian alam untuk membuktikan proses terjadinya pelangi yang diperagakan melalui demonstrasi. Media ini di desain sedemikian rupa dengan bahan Styrofoam ukuran 40 cm x 20 cm, botol  aqua yang berisi air, CD-R, kertas plastik, senter, miniatur pohon-pohonan, binatang, batu. Pada bagian bawah botol aqua diberi saluran sedotan yang merupakan jalannya air sebagai pengganti air terjun. Lampu senter sebagai pengganti dari matahari.

Read More
Media WATERFALL ON THE CD-R

Berdasarkan hasil observasi kegiatan yang dilakukan, diketahui bahwa pembelajaran melalui media Waterfall on The CD-R dapat meningkatkan kemampuan kognitif (mengetahui asal mula terjadinya pelangi) pada anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Bujel Kota Kediri.

Kesimpulan dari hasil kegiatan tersebut bahwa media Waterfall on The CD-R dapat membangun konsep pengetahuan asal mula terjadinya pelangi, disamping itu dapat menciptakan pembalajaran yang aktif, kreatif, menarik, dan menyenangkan di TK Dharma Wanita Bujel Kec Mojoroto  Kota Kediri.

Penulis : Lusyana dewi.S.Pd.AUD, TK DHARMA WANITA BUJEL Kelurahan Bujel, Kec.Mojoroto Kota Kediri – Jatim

Related posts