Media Kartu Huruf Untuk Mengenalkan Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah 20 Pajang Kota Surakarta

Suasana Belajar di TK Aisyiyah 20 Pajang, Laweyan, Surakarta - Jateng

RadarJateng.com, Pendidikan Pengertian anak usia dini menurut undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yang disebut dengan anak usia dini adalah anak usia 0- 6 tahun, sedangkan menurut para ahli adalah anak usia 0-8 tahun. Menurut The National Association for The Education of Young Children (NAEYC), anak usia dini adalah anak yang berada dalam rentang usia 0-8 tahun. Menurut definisi ini anak usia dini adalah kelompok yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan (Wijana D Widarmi, 2013: 1.13).

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan.

Penggunaan Kartu Huruf di TK Aisyiyah 20 Pajang, Laweyan, Surakarta – Jateng

Kartu huruf adalah penggunaan sejumlah kartu yang digunakan sebagai alat bantu untuk belajar membaca anak dengan cara melihat dan mengingat bentuk huruf serta gambar yang disertai tulisan dari makna gambar pada kartu, menurut (Hasan, 2009). Kartu huruf adalah salah satu  media pembelajaran yang disukai anak dalam belajar membaca permulaan. Dengan metode bermain menebak huruf dan menyusun huruf sesuai gambar anak-anak akan merasa lebih senang untuk belajar.

Read More

Melansir laman unkris.ac.id, dalam bahasa Indonesia, istilah abjad merujuk kepada huruf alfabet. Tiap huruf mencerminkan satu bunyi atau lebih. Contohnya, huruf e mampu menggambarkan bunyi e dalam kata bensin, e dalam kata benang. Urutan abjad terdiri dari rangkaian huruf dari A sampai Z dengan jumlah 26 huruf. Melatih mengenal huruf menjadi bagian penting dalam membangun kemampuan bahasa anak usia dini. Belajar mengenal huruf merupakan komponen hakiki dari perkembangan baca tulis. Anak perlu mengetahui atau mengenal dan memahami huruf abjad untuk akhirnya menjadi pembaca dan penulis yang mandiri dan lancar.

Belajar Abjab di TK Aisyiyah 20 Pajang, Laweyan, Surakarta – Jateng

Langkah-langkah dalam permainan kartu huruf adalah sebagai berikut ini:

  1. Anak terkondisikan duduk membentuk lingkaran di karpet.
  2. Mengenalkan huruf-huruf pada anak-anak
  3. guru menempelkan gambar pada papan putar, kemudian anak menyebutkan gambar apa yang berhenti.
  4. anak mengambil sebuah kartu huruf, amatilah kartu huruf tersebut kemudian sebutkan  simbol huruf apa yang tertera pada kartu huruf sehingga membentuk sebuah kata.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kita semuanya. Terimakasih.

Penulis : Eka Kresna Wati, S.Pd TK Aisyiyah 20 Pajang, Laweyan, Surakarta – Jateng

Related posts