Mengenal Apa Itu Kurikulum Merdeka.

RadarJateng.com, Pendidikan Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiiki keleluasan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat di sesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar pancasila di kembangkan berdasarkan tema yang di tetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak di arahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Konsep Kurikulum Merdeka Belajar.

Inilah Konsep Kurikulum Merdeka Belajar :

1.Pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan mengembangkan soft skill serta karakter sesuai profile pelajar

2.Fokus pada materi esensial, sehingga ada waktu untuk pembelajaran mendalam untuk kompetensi dasar seperti literasi dan

3.Fleksibiitas guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi berdasarkan kemampuan para peserta didik.

Keunggulan Kurikulum Merdeka Belajar

Dikutip dari ditsmp.kemdikbud.go.id, kurikulum merdeka belajar inimemiliki sejumlah unggulan yakni;

  1. Lebih sederhana dan mendalam. Kurikulum ini berfokus pada materi esensial serta peengembangan kompetensi peserta didik pada Proses pembelajaran akan lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru sera menyenangkan.
  2. Lebih merdeka. Keunggulan lain dari kurikulum merdeka belajar ini adalah dihilagkannya peminatan bagi peseta didik jenjang SMA. Peseta didik dapat memiih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Guru juga di harapkan mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta
  3. Lebih relevan dan intearaktif. Proses pembelajaran menggunaan kurikulum ini dilakukan melalui kegiatan proyek yang akan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada peseta didik untuk secaa aktif mengeksplorasi isu-isu aktual.

Demikian penjelasan tentang Kurikulum Merdeka Belajar yang perlu kita ketahui.

Penulis : Manda Prihartini. S.Pd, TK. Sejahtera V, Desa Tonjong, Kab. Sukabumi – Jawa Barat.

Related posts