Membiasakan Diri Selalu Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini.

Kegiatan Anak Menggosok Gigi

RadarJateng.com, Pendidikan Taman kanak – kanak merupakan lembaga formal sebelum anak memasuki Sekolah Dasar, lembaga ini dianggap penting karena usia anak TK merupakan golden age atau masa emas yang didalamnya terdapat masa peka yang hanya datang sekali dalam seumur hidupnya (Solichah, N. 2016). Masa peka adalah masa yang menuntut perkembangan anak dikembangkan secara optimal.

Anak adalah individu yang utuh, oleh karena itu program terintegrasi diperlukan untuk memenuhi semua kebutuhan dasar anak agar dapat tumbuh kembang dengan sempurna. Proses tumbuh kembang dipengaruhi 3 pilar utama, yaitu “gizi, kesehatan, dan stimulasi psikososial” yang dilaksanakan secara terpadu. Keterlambatan intervensi kesehatan, gizi, dan psikososial mengakibatkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki atau diganti dikemudian hari.

Anak yang sehat akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang normal dan wajar, yaitu sesuai dengan standar pertumbuhan fisik anak pada umumnya, dan memiliki kemampuan sesuai standar kemampuan anak seusianya. Selain itu, anak yang sehat tampak ceria, mau bermain dan berlari, berteriak, melompat, memanjat, dan tidak berdiam diri saja. Kondisi sehat sejak usia anak-anak akan memberi kesempatan tumbuhnya sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas dimasa depan.

Read More
Kegiatan Mencuci Tangan

Agar anak dapat melaksanakan kegiatannya seperti bermain yang bermakna dan menyenangkan, anak memerlukan gizi yang seimbang. Anak pada masa usia dini perlu mendapat pelayanan kesehatan yang lebih besar, karena daya tahan tubuhnya masih rendah sehingga mudah terinfeksi atau kekurangan gizi. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus terhadap anak-anak tentang pendidikan dan pemantauan kesehatan dalam perkembangan mereka. Sebagian anak sudah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, tetapi sebagian besar belum terlaksana dengan baik.

Penerapan perilaku atau upaya yang dilakukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan yaitu:

1. Mencuci Tangan

Beberapa penelitian menunjukan mencuci tangan saja tanpa sabun tidak efektif untuk kebersihan terutama untuk membunuh kuman, padahal mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit. Tahapan cuci tangan yang baik dan benar a) Basahi tangandi air mengalir. b) Pakailah sabun sambil membersihkan bagian-bagian tangan dengan rinci selama 20 detik. c) Bilas pada air yang mengalir guna membersihkan tangan dari sabun. j) Keringkan dengan handuk atau di angina-anginkan.

Pendidik harus mengajarkan dan membangun pembiasaan mencuci tangan pada anak usia dini, sudah bisa didorong melakukan cuci tangan sendiri, fasilitas mencuci tangan harus disediakan di lembaga PAUD, bentuk dan kenyamanannya. Waktu mencuci tangan bagi Anak Usia Dini: Sebelum dan sesudah makan, sesudah buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK), sesudah bermain, esudah memegang atau bersentuhan semua benda yang menjadi sumber kuman.

2. Menjaga kebersihan gigi

Mulut termasuk didalamnya lidah dan gigi merupakan sebagian dari alat pencernaan makanan. Menurut (Djoned Soetatmo, 1979: 94), gigi merupakan alat yang penting dalam pencernaasssn makanan. Makanan yang masuk ke dalam mulut dilembutkan dengan gigi, gigi-gigi yang sehat diperlukan dalam upaya mewujudkan kesehatan badan seluruhnya. Dengan seringnya makanan masuk kedalam mulut maka kebersihan mulut dan gigi secara teratur harus selalu dijaga. Hal ini penting untuk selalu diperhatikan mengingat gigi sangat rawan terserang bakteri atau penyakit yang dapat megakibatkan gigi berlubang, karang gigi dan bahkan gusi bengkak. Dengan cara menggosok gigi selama 2menit setiap pagi dan malam hari.

Pembiasaan Membuang Sampah Pada Tempatnya.

3. Membuang sampah pada tempatnya

Untuk mencintai lingkungan sekitarnya dan menimbulkan kesadaran sehingga menjadikan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari seperti membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan halaman. Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak mengetahui bahwa pentingnya membersihkan lingkungan. Kesadaran anak-anak PAUD tentang kebersihan yang tidak hanya dilakukan sekali saja tapi dilakukan berulang-ulang dan menjadi rutinas harian atau mingguan.

Penulis : Handayani Setya Putri, S.Pd TK AL-Aulya Kec. Rembang Kab. Pasuruan.

Related posts