Manfaat Berenang Untuk Anak Usia Dini

Kegiatan Berenang TKIT AN-NUUR Sawangan, Magelang Jateng

RadarJateng.com, Pendidikan Olahraga adalah Gerakan yang sadar yang dilakukan oleh seseorang yang mempunyai arti dan makna yang sangat penting bagi Kesehatan Olah raga juga memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kecerdasan anak. Penting bagi kita untuk menerapkan kebiasaan olahraga rutin sejak masa kanak – kanak .

Diantaranya olah raga yang sangat disukai anakanak maupun orang dewasa yaitu olah raga berenang. Manfaat olah raga berenang untuk anak sangatlah beragam , maka ajarilah anak berenang dari sejak usia dini.

Bermacam – macam  manfaat berenang untuk anak, yaitu :

Read More
  1. Kemampuan Kognitif

Ketika bernang anak akan membuat pola gerkan yang akan melibatkan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan disebut                    lintas-pola bilateral.dimana Gerakan ini akan mendorong perkembangan kemampuan untuk membangun neuron diseluruh otak                     khususnya pada corpus collosom. Gerakan kedua sisi tubuh juga diikuti dengan kedua sisi otak untuk meningkatkan kemampuan                     kognitif  yaitu :

  • Kemampuan akademik
  • Kemampuan membaca
  • Kemampuan Bahasa

Selain itu juga akan menciptakan penciptaan spasial anak secara alami.

  1. Peningkatan Kekuatan dan Keseimbangan

Berenang tidak terlalu banyak mengeluarkan energi untuk menahan serta menggerkkan berat badan namun dapat membantu perkembangan otot besardan juga dapat menyeimbangkan anak sejak kecil. Sehingga akan dapat keseimbangan jauh lebih baik terutama Ketika mulai berjalan.

Kegiatan Berenang TKIT AN-NUUR Sawangan, Magelang – Jawa Tengah
  1. Peningkatan Kemandirian dan Lebih percaya diri

Dalam sebuah studi memperkuat temuan terhadap anak yang mengalami belajar berenang sejak usia 2- 4 tahun akan lebih mudah untuk adaptasi dengan lingkungan  dan percaya diri, akan lebih mandiri, mudah untuk berinteraksi ,mampu mengendalikan diri lebih baik dan juga memiliki daya juang tinggi atau keinginan untuk sukses lebih tinggi.

  1. Pola Tidur

Dengan berenang anak akan banyak mengeluarkan energi, sehingga waktu untuk tidur anak akan lebih cepat terlelap tidur.

  1. Peningkat nafsu makan

Dengan berenang akan membutuhkan waktu dan energi yang lebih banyak, dan anak  akan  menjadi lebih cepat untuk lapar.

  1. Menyehatkan jantung

Dalam hal berenang ada juga menemukan bahwa berenang akan menyehatkan jantung, karena berenang akan melatih pernafasan anak lebih baik.

  1. Meninggikan Badan
  2. Meredakan stres

Bercermin dari studi di GRIFFITH INSTITUTE OF EDUCATION RESEARCH DI Australia mengungkapkan bahwa anak -anak yang belajar berenang pada usia dini memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik selain itu kemampuan membaca, visual , ekspresi lisan, mengingat cerita, hingga memahami arahan cenderung lebih baik.

Source :

https://m.merdeka.com/sumut/manfaat-olahraga-renang-untuk-anak-bantu-tingkatkan-fungsi-kognitif-kln.html

https://mhomecare.co.id/blog/manfaat-berenang-untuk-bayi

Oleh : Ninik Endrawati, S.Pd TKIT AN-NUUR
Komplek Pendidikan An-Nuur, Gading Legok, Podosoko, Sawangan, 56481.Magelang

Related posts