Mengungkap Dinamika Keunggulan Tempat Kerja: Bagaimana Kualitas Kehidupan Kerja dan Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja untuk Mendorong Kinerja Staf di PT Asia Pacific Fibers Kendal.

Mahasiswa sedang melakukan observasi di PT Asia Pacific Fibers Kendal

RadarJateng.com, Pendidikan Studi penelitian yang dilakukan oleh Rama Fajar Shidiq, S.E. dan Muhammad Zain Alfain, S.M. mahasiswa magister manajemen Universitas Negeri Semarang di PT Asia Pacific Fibers Kendal ini menggali hubungan antara Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Karyawan. Penelitian komprehensif ini berupaya mengungkap bagaimana variabel-variabel tersebut saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain, yang pada akhirnya berdampak pada Kinerja Staf secara keseluruhan dalam perusahaan. Dengan memahami dinamika ini, perusahaan dapat menerapkan strategi untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan karyawan, sehingga mendorong kesuksesan perusahaan.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan dengan mempertimbangkan Kepuasan Kerja sebagai variabel mediasi yang potensial.

Penelitian ini dilakukan terhadap 211 Staf PT Asia Pacific Fibers Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sebuah metode yang umum digunakan dalam penelitian ilmu sosial, untuk mengumpulkan data kuantitatif mengenai sikap, persepsi, dan perilaku karyawan.

Studi ini mengungkapkan bahwa kualitas kehidupan kerja yang tinggi secara signifikan meningkatkan kinerja karyawan. Staf yang menganggap lingkungan kerja mereka mendukung dan memperkaya cenderung berkinerja lebih baik. Faktor-faktor utama yang berkontribusi terhadap efek positif ini termasuk lingkungan kerja yang mendukung, sumber daya yang memadai, dan peluang untuk pengembangan profesional.

Demikian pula, komitmen organisasi yang tinggi ditemukan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Karyawan yang merasakan loyalitas yang kuat dan rasa memiliki terhadap organisasi mereka akan lebih termotivasi dan berusaha lebih keras dalam peran mereka, yang mengarah pada hasil kinerja yang lebih baik.

Berlawanan dengan beberapa ekspektasi, penelitian ini menemukan bahwa kepuasan kerja tidak memiliki dampak signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun karyawan mungkin puas dengan pekerjaan mereka, kepuasan ini tidak selalu menghasilkan peningkatan produktivitas atau efektivitas.

Pemberian arahan kerja terhadap karyawan untuk mendorong kinerja

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasi, dan kinerja karyawan. Hal ini berarti bahwa efek dari kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja tetap tidak terpengaruh oleh tingkat kepuasan kerja.

Berdasarkan temuan penelitian, beberapa rekomendasi berikut ini untuk meningkatkan kinerja staf dengan meningkatkan kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasi:

Kegiatan Berkumpul dan Kekeluargaan: Mengadakan acara yang memupuk persahabatan dan saling mendukung di antara staf dapat memperkuat ikatan sosial dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih kohesif, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Tanggung Jawab dan Wewenang yang Tepat: Mendefinisikan tanggung jawab dengan jelas dan memberikan wewenang kepada karyawan untuk melaksanakan tugas mereka dapat meningkatkan rasa kontrol dan kepemilikan mereka, yang mengarah pada kualitas kehidupan kerja yang lebih tinggi dan komitmen organisasi.

Kesempatan untuk Menerapkan Keterampilan: Menawarkan kesempatan bagi karyawan untuk menerapkan dan mengembangkan keterampilan mereka, seperti melalui program pelatihan, peluang pengembangan karier, dan penugasan yang menantang, dapat meningkatkan kualitas kehidupan kerja dan komitmen mereka terhadap organisasi.

Penelitian di PT Asia Pacific Fibers Kendal memberikan wawasan yang berharga tentang dinamika antara kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasi, kepuasan kerja, dan karyawan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya membina lingkungan kerja yang berkualitas tinggi dan komitmen organisasi yang kuat untuk meningkatkan kinerja karyawan. Meskipun kepuasan kerja sangat penting, namun hal ini mungkin tidak secara langsung mempengaruhi hasil kinerja staf. Temuan ini dapat memandu strategi organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui intervensi yang ditargetkan dalam kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasi.

Penulis, Rama Fajar Shidiq, S.E. dan Muhammad Zain Alfain, S.M. ( Mahasiswa Pasca) Universitas Negeri Semarang

Related posts