Pentingya Mengajarkan Anak Makan Bersama Agar Melatih Kemandirian Pada Anak.

Kegiatan Makan Bersama di TK Budi Luhur, Sukabumi – Jawa Barat

RadarJateng.com, Pendidikan Makan bersama di sekolah merupakan kebiasaan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Kebiasaan tersebut bisa menjadi kebiasaan makan yang sehat dan mengembangkan kemandirian pada anak. Makan bersama dengan teman-teman ternyata dapat membuat anak mandiri dan bersosialisasi dengan teman sebaya, Witherington dalam Spencer mengemukakan bahwa perilaku kemandirian ditunjukkan dengan adanya kemampuan untuk mengambil inisiatif, kemampuan mengatasi masalah serta keinginan untuk mengerjakan sesuatu tanpa bantuan orang lain.(Witherington dalam Spencer, 1970) selain itu kebiasaan ini juga bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan pada anak, perlu juga di dukung dengan makanan yang bergizi.Gizi mempunyai peran yang sangat penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan dengan nutrisi yang cukup, sehingga pertumbuhan dan perkembangan dapat tumbuh secara optimal.

Antusias AnakAnak Saat Makan Bersama di TK Budi Luhur, Sukabumi – Jawa Barat

Dalam kegiatan ini Guru menyiapkan menu dan makanannya lalu menjelaskan menu apa saja yang di hidangkan hari ini, dan guru bersiap untuk mengambil makanannya secukupnya agar tidak mubajir dan anakanak pun di haruskan memakan sayuran nya,setelah itu anak-anak bersiap untuk mengambil makanan yang sudah disediakan oleh guru.

Manfaat dari pentingnya mengajarkan makan bersama :

Read More
  • Anak dapat mandiri
  • Anak dapat menghargai hasil masakan orang lain
  • Anak dapat bersosialisasi dengan teman sebaya
  • Aanak dapat mengambil menu dengan secukupnya
  • Anak tidak membuang-buang nasi dan lauknya
  • Anak dapat bersabar menunggu giliran

Itulah beberapa manfaat penting yang bisa didapat anak, jika selalu melakukan makan bersama anak bisa mandiri dan makan dengan sangat meyenangkan bersama teman-teman. Dengan demikian kegiatan makan bersama diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan emosional,memperbaiki pola makan, dan membantu mengembangkan indra perasa. Meskipun hanya dilakukan dalam dua minggu sekali, manfaat tersebut akan bermanfaat bagi kehidupan anak-anak.

Penulis, Susan Hasanah, S.Pd. Guru TK Budi Luhur, Sukabumi – Jawa Barat

Related posts