Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 11-20 Dengan Menggunakan Media Bahan Alam, Yaitu Batu Alam Pada Kelompok B di TK Muslimat NU 13 Mambaul Ulum Desa Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2022-2023.

Ibu Sri Maulandari, S.Pd Guru TK Muslimat NU 13 Mambaul Ulum, Kec.Wagir, Kab.Malang, Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal angka 11-20 dengan menggunakan Batu alam di Tk Muslimat Nu 13 Mamabaul Ulum  Wagir.  Menurut Pendidikan – Undang-undang nomor 20 tahun 2023 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1, butir 14 yang dinyatakan bahwa “Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. Anak usia 4 sampai 6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada direntan usia lahir sampai 6 tahun.

Pentingnya mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan anak termasuk mengenal angka 11-20 usia dini. Pembelajaran pengenalan angka 11-20 yang sangat konvensional menyebabkan anak bosan dan tidak termotivasi dengan kegiatan mengenal angka. Oleh karena itu diperlukan media-media pembelajaran yang bervariasi dalam mengenalkan angka pada anak. Menurut Briggs dalam Mulyadi (1997: 21) “Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang anak untuk belajar”. Sedangkan media pembelajaran menurut Eliyawati (2005:9) adalah “Sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran”.

Bahan alam adalah segala sesuatu yang ada dilingkungan sekitar kita yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Dengan media ini  memungkinkan anak-anak untuk lebih kreatif dan aktif dalam menciptakan sebuah karya. Media Bahan Alam merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Media Bahan alam dapat meningkatkan aspek perkembangan kognitif,social emosional,moral,nilai agama dan fisik motorik anak, media tersebut diantaranya bisa dengan batu alam. Batu Alam dapat disusun menjadi angka, sehingga memudahkan anak untuk mengenal berbagai angka,

Read More
Membuat Angka Dari Batu Alam di TK Muslimat NU 13 Mambaul Ulum, Kec.Wagir, Kab.Malang, Jawa Timur

Media batu alam merupakan media yang mudah didapat disekitar lingkungan , selain digunakan untuk media pembelajaran, media batu alam digunakan dalam pembelajaran dapat mengurangi pemakaian lembar kerja siswa LKPD. Media batu alam dapat digunakan utuk membentuk angka 11-20, menghitung benda dan membilang angka.

Manfaat menggunakan Batu alam

1.Bahan mudah didapat

2.Mudah dibentuk atau digunakan

3.Kemampuan kognitif anak meningkat

4.Kemampuan fisik motorik anak meningkat

5.Merupakan pembelajaran yang menyenangkan

6.Melatih Fokus anak

Tujuan  menggunakan pembelajaran dari media Bahan Alam

1.Meningkatkan inovasi dan kreativitas anak

2.Membuat anak mengerti bahwa Bahan Alam dapat digunakan sebagai bahan belajar dan bermain

3.Anak bebas bereksplorasi

4.Memberikan pengalaman baru ke anak

Dengan demikian lebih di sarankan agar kegiatan pembelajaran lebih baik menggunakan Bahan Alam agar menyenangkan dan kegiatan ini dapat diberikan secara rutin pada anak usia dini sehingga dapat menstimulasi perkembangan anak.

Penulis, Sri Maulandari, S.Pd Guru TK Muslimat NU 13 Mambaul Ulum, Kec.Wagir, Kab.Malang, Jawa Timur

Related posts