Inilah Daftar Pemenang Lomba Polisi Cilik Sambut Hari Bhayangkara ke 78 Polres Jepara.

Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 78, Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar lomba Polisi Cilik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pocil.

 Radarjateng.com,JEPARA – Polres Jepara Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 78, Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar lomba Polisi Cilik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pocil.

Lomba yang digelar di gelanggang olah raga (GOR) futsal stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) ini, diikuti oleh sedikitnya 11 tim yang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Jepara dan setiap peleton atau regu terdiri dari 31 orang.

Lomba Pocil itu sendiri, diselenggarakan selama sehari penuh dengan indikator penilaian meliputi ketepatan gerakan PBB, gerakan variasi, kerapian, kekompakan, estetika, penguasaan lapangan, kreativitas, senam pengaturan lalu lintas, keseragaman pakaian hingga sikap dan tampang. Sedangkan, tim juri merupakan gabungan dari lintas instansi antara lain Satlantas Polres Jepara, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Jepara dan Disdikpora Kabupaten Jepara yang memang memiliki kompetensi sesuai indikator penilaian.

Read More

“Para peserta merupakan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Jepara,” ujar Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasat Lantas Polres Jepara AKP Dionisius Yudi Christiano, Selasa (30/7/2024).

Seperti yang terlihat di lokasi, paparnya, peserta benar-benar memanfaatkan lomba ini sebagai ajang adu kreativitas baris-berbaris. Gerakan yang patah-patah dan kekompakan setiap pergerakan, mampu menghipnotis penonton yang memadati GOR futsal stadion GBK Jepara.

“Pada akhirnya, kami sudah menemukan juaranya. Dari penilaian berbagai indikator, tim juri memutuskan perwakilan dari Kecamatan Pecangaan sebagai juara pertama. Sedangkan juara kedua diraih perwakilan Kecamatan Mlonggo dan tempat ketiga adalah perwakilan dari Kecamatan Kembang,” ucapnya.

Lebih lanjut, AKP Dion menyampaikan, “Untuk juara harapan pertama sendiri diraih oleh Kecamatan Jepara Kota, kemudian juara harapan kedua diraih oleh kecamatan Tahunan dan juara harapan ketiga berhasil diraih oleh Kecamatan Bangsri,” jelasnya.

Tidak lupa, Kasat Lantas Polres Jepara ini juga menyerahkan langsung tropi dan hadiah kepada para pemenang. “Selamat kepada para juara. Saya harap terus meningkatkan prestasinya. Dan yang belum beruntung, terus semangat berlatih untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi,” kata AKP Dion.

Bagi Juara I, selain menerima trofi dan hadiah, akan mendapatkan pembinaan khusus dan dikirimkan mewakili Polres Jepara dalam ajang lomba Pocil tingkat Polda Jawa Tengah. Dirinya juga menuturkan, kegiatan Polisi Cilik merupakan wujud pembinaan terhadap generasi muda yang harus dikenalkan pada aturan berlalu lintas.

“Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian dan pembinaan kita terhadap generasi muda. Tujuannya, untuk memperkenalkan aturan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas terhadap anak-anak usia dini,” tuturnya.

AKP Dion juga menerangkan, kegiatan Polisi Cilik juga diharapkan dapat melatih keterampilan para peserta. Mereka diharapkan dapat memiliki pengetahuan, kepatuhan terhadap aturan lalu lintas.

“Semoga kegiatan ini betul-betul terbawa sampai dewasa, termasuk ajang untuk membina keterampilan dan jiwa kepempimpinan yang baik dan mengisi kegiatan positif ke depannya,” imbuhnya.

Seperti diketahui dalam lomba itu, keluar sebagai Juara I adalah dari Kecamatan Pecangaan, Juara II dari Kecamatan Mlonggo dan Juara III dari Kecamatan Kembang. Sementara untuk Juara Harapan I dari Kecamatan Jepara Kota, Harapan II dari Kecamatan Tahunan, Harapan III dari Kecamatan Bangsri.

Related posts