RadarJateng.com, Pendidikan – TK Kemala Mahardhika mempunyai media yang dapat digunakan untuk pengenalan angka yaitu kartu angka terbuat dari kertas yang telah di laminating ukuran 8cm x 8cm, LKS dan gambar angka yang ditempel di dinding. Selama ini guru mengenalkan angka dengan ketiga media tersebut. Ketiga media tersebut dirasakan belum efektif untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal angka secara optimal. Anak terlihat kurang antusias dan kurang fokus pada kegiatan pembelajaran. Anak mengalihkan perhatiannya dengan bermain dengan temannya. Ataupun karena pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran saya terlalu cepat dalam menjelaskan, sehingga anak masih kurang dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru.
Berdasarkan hal tersebut, kemudian saya berdiskusi dengan rekan sejawat tentang materi yang sudah disampaikan sebelumnya. Selain itu, saya juga berharap mendapatkan cara-cara untuk mengatasi kasus yang saya angkat. Selain dengan rekan sejawat, saya juga membaca dari berbagai sumber terkait seperti jurnal, youtube, google dan lain-lain dengan kasus dan hal-hal yang bisa saya lakukan untuk menyelesaikan kasus yang ada.
Ternyata mengenalkan angka pada anak usia dini tidak harus selalu dilakukan dengan cara yang membosankan. Anak akan jauh lebih antusias belajar angka jika guru mengajarinya melalui permainan dengan cara yang lebih menyenangkan. Salah satu inovasi yang dapat digunakan oleh guru dan orang tua dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak adalah dengan menggunakan kemajuan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Pemanfaatan teknologi memiliki peran yang strategis dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka. Games edukatif memberikan pengalaman yang melibatkan anak untuk terlibat antusias dan mampu meningkatkan pembelajaran aktif (Pei & Zhang, 2019). Selain itu, anak dapat mengembangkan kemampuannya tanpa adanya batasan waktu dan tempat. Artinya dengan menggunakan games ini, anak dapat bermain dimana pun dan kapan pun selama masih dalam pengawasan guru dan orang tua.
Game edukasi, menurut Ismail (2009), merupakan suatu kegiatan yang mendidik yang sifatnya menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan berpikir, meningkatkan konsentrasi serta memecahkan masalah. Penjabaran manfaat game edukasi adalah sebagai berikut:
- Game edukasi dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan informasi, ilmu pengetahuan atau materi pelajaran secara interaktif dan menarik bagi anak.
- Game edukasi dapat merangsang pikiran dan kreativitas anak.
- Game edukasi bisa meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak.
- Game edukasi dapat menciptakan lingkungan bermain yang menarik, aman dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar anak.
- Game edukasi meningkatkan logika dan pemahaman pemain tentang informasi yang diperolehnya saat menggunakan game tersebut.
- Game edukasi dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna, sehingga informasi atau konsep baru yang diterima bisa bertahan lebih lama.
Setelah berdiskusi dan mencari sumber dari internet, terpilihlah salah satu games edukatif berbasis android yang dapat dipergunakan sebagai media pengenalan angka kepada anak usia dini yaitu Games 123 Number yang bisa di download dari Aplikasi Playstore dan di install di hp/ android. Dengan bermain games 123 Numbers anak akan mendapatkan pengalaman belajar seraya bermain yang menyenangkan dan bermakna. Di dalam games tersebut terdapat 5 Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh anak baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua yaitu pengenalan penulisan simbol angka, membilang banyak benda, pengenalan simbol angka, urutan angka dan mengenal lambang bilangan. Selain itu aplikasi ini tidak memerlukan jaringan internet alias bisa dimainkan dalam keadaan hp/ android off internet jadi bisa lebih hemat.
Games ini dimulai dari fitur 1 yang menuntun anak untuk menerapkan cara menulis simbol angka dengan benar, anak akan dituntun mengikuti arahan untuk menulis angka mulai dari angka 1 dengan beberapa langkah dengan benar sampai seterusnya. begitupun untuk fitur 2 sampai fitur 5 layak untuk dicoba anak.
Pada saat diterapkan kepada anak, ternyata betul anak terlihat antusias dalam menggunakan media tersebut. Dan motivasi belajarnya pun meningkat, setelah dipakai beberapa kali terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan mengenal angka pada anak.
Selain untuk menyampaikan informasi atau materi pelajaran, game edukasi yang tepat dan sesuai dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran. Dengan game edukasi, game yang semula dianggap sebagai sarana hiburan dan sekedar untuk bersenang-senang, bisa menjadi lebih bermanfaat, meningkatkan keterampilan, kreativitas dan menambah ilmu pengetahunan. Mari jadikan pembelajaran menjadi pengalaman belajar yang bermakna dengan mengubah “Tontonan menjadi Tuntunan” bersama game edukasi.
Daftar Pustaka
- Ismail, A. (2009). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media.
- Kustari, Dwi. (2022). Pemanfaatan Games Edukasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jawa Tengah: Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan(LPMP)
- Pei, L., & Zhang, L. (2019). Games-Based Learning in Future School. In S. Yu, H. Niemi, & J. Mason (Eds.), Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-13-94393.
- Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146-2158.
Penulis, Dini Nopianti ,S.Pd. Guru TK Kemala Mahardhika, Kec. Cileunyi Kab. Bandung – Jawa Barat