Penggunaan Game Edukatif Wordwall Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Simbolik Pada Anak Usia 5-6 Tahun.

Ibu Lia Tasliyah, S.Pd. Guru TK Islam Terpadu Al-Amanah, Kec. Lembang Kab. Bandung Barat

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi bagi Pendidikan selanjutnya. Dalam masa pondasi ini sangat penting bagi guru untuk berperan dalam menstimulasi berbagai perkembangan anak. Pada STPPA PAUD tahun 2014, tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam berpikir simbolik salah satunya yaitu merepresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar dan tulisan. Kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh anak usia 5-6 tahun karena anak yang memiliki kemampuan pra membaca seperti mengenal berbagai macam simbol-simbol huruf dan angka maka akan memiliki kesiapan akademik ketika melanjutkan ke jenjang berikunya, dan akan berguna bagi kehidupan anak dalam mengetahui dan menyebutkan berbagai macam benda yang ada di lingkungan sekitarnya dengan menghubungkannya melalui berbagai tulisan.

Namun, fakta dilapangan ditemukan beberapa anak yang belum berkembang kemampuan berpikir simboliknya, anak cenderung menebak tulisan karena ada gambarnya dan hanya menyebutkan huruf awal dari benda atau gambar yang ada.  Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan dalam pembelajaran monoton, dan model pembelajaran masih menggunakan cara konvensional. Menurut Aini, dkk (2023), penyebab anak usia 5-6 tahun belum mampu berpikir simbolik adalah metode yang digunakan belum bervariasi, media yang digunakan dalam pembelajaran literasi masih monoton dan belum adanya media interaktif berupa permainan game untuk anak.

Penggunaan Game Edukatif Wordwall di TK Islam Terpadu Al-Amanah, Kec. Lembang Kab. Bandung Barat

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun dalam menghubungkan gambar dengan tulisan yaitu melalui game edukatif wordwall. Game Edukatif Wordwall menjadi salah satu inovasi baru dalam memfasilitasi anak untuk bermain dengan menggunakan teknologi sederhana dan dapat menjadi salah satu referensi bagi guru agar lebih berinovasi dalam menyediakan media pembelajaran berbasis TPACK. Menurut Aini, Buchori, & Sulianto (2023), game edukasi dengan aplikasi wordwall merupakan media permainan digital yang bersifat online yang menarik bagi anak usia dini. Wordwall merupakan aplikasi berbasis web yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan media pembelajaran untuk peserta didik, dalam aplikasi wordwall telah menyediakan fitur-fitur jenis permainan seperti kuis, permainan pencocokan, flash card, acak kata, pencarian kata dan lain-lain. Adapun kelebihan Aplikasi Game Edukatif Wordwall, adalah :

Read More
  1. Media bersifat fleksibel, dapat digunakan untuk berbagai tingkatan pada peserta didik.
  2. Menarik dan tidak monoton
  3. Bersifat kreatif dan mampu meningkatkan minat anak dalam berbagai kegiatan pembelajaran

Adapun langkah-langkah dalam membuat game edukatif wordwall yaitu :

  1. Tulis kata kunci wordwall di pencarian google chrome atau mozilla
  2. Melakukan pendaftaran akun di web aplikasi wordwall
  3. Pilih Create Aktivity lalu pilih salah satu template aktivitas yang tersedia dan dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan kita sampaikan
  4. Tuliskan judul pembelajaran
  5. Ketikkan konten sesuai tipe permainan yang dipilih dan dapat menambahkan gambar maupun suara sesuai pembelajaran yang akan disampaikan
  6. Klik Done jika telah selesai membuat game
  7. Lalu klik link yang akan kita pakai untuk kegiatan anak bermain game wordwall

Dalam penggunaan game edukatif wordwall yang saya lakukan di sekolah TK Islam Terpadu Al-amanah yaitu saya berperan sebagai desainer yang membuat 3 macam permainan edukatif berbasis aplikasi game wordwall dengan materi “Mencocokan gambar Binatang dengan tulisan” dalam pembelajaran Topik Binatang dan sub topik Binatang-Binatang yang disebutkan dalam Al-Qur’an dengan tujuan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan anak dalam menghubungkan gambar dengan simbol tulisan dan anak mampu menggunakan teknologi sederhana dengan benar melalui permainan wordwall. 3 macam permainan yang sudah dibuat oleh guru, adalah :

  • Link permainan 1 :https://wordwall.net/play/63386/133/837
  • Link permainan 2 : https://wordwall.net/play/63386/816/738
  • Link permainan 3 : https://wordwall.net/play/63387/559/338

Setelah guru membuat link permainan , maka guru berperan sebagai pengajar yang menyampaikan materi pembelajaran, memberi contoh penggunaan game edukatif wordwall dan memberikan kebebasan pada anak untuk membangun pengetahuaannya secara mandiri, mengamati perkembangan bermain anak lalu melakukan penilaian serta sebagai pembimbing yang bertugas membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran agar dapat menyelesaikan kesulitan yang dialaminya secara bertahap.

Manfaat penggunaan game edukatif wordwall yaitu anak mampu menghubungkan gambar dengan tulisan melalui kegiatan bermain yang menyenangkan yaitu bermain game wordwall, anak antusias dan memiliki motivasi dalam mengerjakan kegiatan bermain, anak mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan serta bermakna dalam bermain menggunakan teknologi sederhana melalui game wordwall.

Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpilkan bahwa game edukatif wordwall dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun dengan cara yang menyenangkan, mutakhir/kekinian dan menarik minat belajar anak.

Semoga artikel ini dapat menjadi wawasan baru serta menjadi salah satu referensi penyediaan media edukatif yang dapat dikembangkan dan diterapkan oleh para pendidik untuk menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak usia dini.

Penulis, Lia Tasliyah, S.Pd. Guru TK Islam Terpadu Al-Amanah, Kec. Lembang Kab. Bandung Barat

Related posts