Meningkatkan Kemampuan Menyusun Pola ABCD-ABCD Melalui Media Scrabble.

Ibu Fitri Kurnaini, S.Pd Guru TK Islam Bakti 86, Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat

RadarJateng.com, Pendidikan Salah satu aspek pengembangan yang perlu dikembangkan pada anak usia dini ialah aspek perkembangan kognitif. Kognitif adalah aspek perkembangan yang langsung berhubungan dengan otak yang merupakan pusat kontrol diri manusia. Aspek perkembangan kognitif anak yang perlu dikembangkan salah satunya adalah pengenalan dan pemahaman terhadap konsep matematika. Dalam Undang-Undang Permendikbud No 137 Tahun 2014 pada perkembangan kognitif dikatakan bahwa usia 5-6 tahun anak sudah mengenal pola ABCD-ABCD. Konsep pengenalan pola ABCD-ABCD tersebut termasuk dalam pembelajaran matematika pola. Kegiatan pengenalan pola ABCD-ABCD dibagi menjadi dua indikator yaitu mengulang, menyusun, dan memprediksi pola yang ada.

Dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak terkhususnya pada pengenalan pola guru memiliki peran yang sangat besar dalam kecerdasan matematika anak dengan menggunakan media. Sehingga dibutuhkan suatu pembaharuan media yang cocok dan efektif dalam pengembangan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD anak. Kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, keterampilan untuk memahami apa yang terjadi dilingkungan sekitar, serta keterampilan menggunakan daya ingat dan menyelesaikan soal-soal sederhana (Made et al., 2018).

Meningkatkan Kemampuan Menyusun Pola ABCD-ABCD Melalui Media Scrabble di TK Islam Bakti 86, Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat

Salah satu media yang cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak khususnya pada pengenalan pola  ABCD-ABCD yaitu media Scrabble. Scrabble adalah permainan yang berkaitan dengan silang datar, yaitu dalam hal mengisi kotak dengan huruf sehingga menjadi kata yang padu (Hardianti, Farlina; 2021). Media Scrabble pola merupakan media pembelajaran inovatif yang terdiri dari papan scrabble, bidak pola dan pertanyaan yang digunakan dalam mengenal pola ABCD-ABCD. Papan scrabble pola terbuat dari seng dan alumunium. Kemudian terdapat bidak pola yang diterbuat dari triplek yang memiliki magrnet pada bagian belakangnya. Media ini juga memiliki 8 pertanyaan yang terbuat dari powerpoint yang terdapat audio di dalamnya sehingga anak bisa melihat dan mendengarkan perintah soal yang diberikan. Media scrabble pola digunakan untuk mengenal, menyusun, memprediksi serta melengkapi pola ABCD-ABCD anak usia 5-6 tahun. Media scrabble pola digunakan untuk membantu anak dalam proses mengenal pola berulang ABCD-ABCD yang mana dengan mengenal pola anak dapat memperluas pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan. Anak dapat menyusun pola ABCD-ABCD berdasarkan warna, ukuran, bentuk, dan sebagainya. Pentingnya pengenalan pola berulang ABCD-ABCD dimaksudkan agar anak mampu memperkirakan, memprediksi kejadian, peristiwa maupun hal-hal penting lainnya dalam kehidupan (Mahsanah, Umi 2021).

Read More

Media Scrabble pola ialah media inovatif dari penggabungan dari permainan menyusun huruf dalam bahasa Inggris yang kita kenal sebagai permainan scrabble dengan pengenalan pola untuk anak usia 5-6 tahun. Dalam permainan Scrabble pola anak tidak akan menyusun huruf menjadi sebuah kata melainkan anak akan menyusun pola berulang ABCD-ABCD ke atas papan scrabble, hal ini dilakukan agar mempermudah anak menyusun pola ke atas papan scrabble.

Selain untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dan mempermudah anak dalam mengurutkan pola banyak lagi manfaat lain dari permainan Scrabble pola ini, adapun manfaat – manfaat lainnya dalam permainan Scrabble bagi anak antara lain

  1. meningkatkan kemampuan mengenal pola ABCD-ABCD dan logika matematika
  2. Memberikan stimulasi pada anak sedari dini
  3. memperkenalkan matematika yang menyenangkan bagi anak
  4. memperkenalkan anak kepada pengurutan pola ABCD-ABCD.

Penulis, Fitri Kurnaini, S.Pd Guru TK Islam Bakti 86, Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat

Related posts