Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak.

Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam di TK Ar Rahmah, Kec. Tanjung Batu Kab. Ogan Ilir – Sumatra Selatan.

RadarJateng.com, Pendidikan Anak adalah amanah dari Allah S.W.T yang dititipkan kepada sepasang suami istri.Ketika sang anak lahir dia tampak tidak berdaya dan penuh ketergantungan pada orang dewasa di sekitarnya.Ketika usianya mulai bertambah,tampaklah ada sejumlah kemampuan dasar yang dimilikinya.Kemampuan itu siap untuk di kembangkannya,sehingga dia akan tumbuh menjadi sosok yang  mandiri. Taman kanak-kanak merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam berbagai aspek perkembangan anak. Usia taman kanak-kanak merupakan masa-masa keemasan sekaligus masa-masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia, yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk melestarikan dasar-dasar perkembangan anak.

Hasil Karya Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam

Dalam penjelasan Undang -Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 pasal 28 ayat 2 disebutkan bahwa Taman Kanak – Kanak adalah suatu bentuk pendidikan yang diselenggarakan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Sedangkan menurut Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dikatakan bahwa Taman Kanak – Kanak adalah suatu bentuk pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal yang memberikan layanan pendidikan bagi anak usia 4 – 6 tahun, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, agar kelak siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

Kegiatan dengan  menggunakan media Bahan Alam  merupakan suatu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menyampaikan materi pelajaran yang disesuaikan dengan kondisi  anak  didik seperti  bahan yang langsung diperoleh dari alam . Bahan-bahan alam yang dapat dimanfaatkan antara lain: batu-batuan, kayu dan ranting, biji-bijian, kapas,  daun, pelepah bambu, kepingan-kepingan kramik dan kaca, dan lain-lain Mengingat bahwa  untuk  memahami konsep  dasar  motorik halus  bukanlah  merupakan  suatu yang mudah, maka kegiatan belajar melalui bermain haruslah menarik dan menyenangkan serta dapat memenuhi rasa keingin tahuan anak. Secara umum, kegiatan pembelajaran ini mendapat antusias tinggi dan mencapai hasil yang baik.

Read More

Menurut Sujiono dkk (2009: 1.14) motorik halus adalah “gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat.”. Oleh karena itu, gerakan ini tidak terlalu membutuhkan tenaga, namun gerakan ini membutuhkan koordinasi mata dan tangan yang cermat. Semakin baiknya gerakan motorik halus anak membuat anak dapat berkreasi seperti: kolase, melipat kertas, menganyam kertas.

Hasil Karya Kegiatan Kolase Menggunakan Bahan Alam

Mahendra (1998:142) Keterampilan motorik halus adalah keterampilan yang memerlukan kemampuan untuk mengontrol otot-otot kecil/halus untuk mencapai pelaksanaan keterampilan yang berhasil. Kolase  merupakan  kegiatan kreatif yang menarik bagi anak-anak, kolase adalah sebuah karya seni yang tercipta dengan cara merekatkan bahan apapun menjadi sebuah komposisi yang harmonis sehingga menjadi satu kesatuan karya.

Berdasarkan pendapat beberapa ahli dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Motorik Halus anak melalui kegiatan kolase dengan menggunakan Media bahan alam adalah suatu proses ketangkasan atau keterampilan tangan yang melibatkan otot- otot halus pada bagian tangan yang memerlukan kooardinasi mata dengan tangan .

Implikasi dari upaya kemampuan fisik motorik halus melalui kegiatan kolase menggunakan media bahan alam adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan konsentrasi anak dalam kegiatan kolase.
  2. Melatih keterampilan tangan.
  3. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus anak.

Kolase dengan menggunakan Media bahan alam  ini  mampu mengembangkan kemampuan Motorik Halus pada anak. Melalui kegiatan kolase menggunakan bahan alam  anak dapat melakukan kegiatan belajar yang menyenangkan.  Kegiatan kolase   juga dapat melatih kefokusannya untuk menyelesaikan suatu tugas yang diberikan. Dengan melakukannya secara rutin juga dapat membantu sang anak untuk fokus pada suatu hal

Penulis : Zaharo, S.Pd Guru TK Ar Rahmah Tanjung Atap Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan

Related posts