Meningkatkan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Bermain Drumband di TK IT Almawaddah Kota Semarang.

Team Drumband TK IT Almawaddah, Kec.Pedurungan Kota Semarang – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Masa usia dini adalah masa golden age yaitu masa rentang anak usia 0-6 tahun, yang merupakan periode emas bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, dimana terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu bentuk Pendidikan jalur formal   yang menyediakan program Pendidikan dini usia 4-6 tahun di mana di sini adalah masa anak-anak dapat belajar dan menangkap daya ingat yang bagus sebagai fase pondasi untuk pendidikan ke tingkat selanjutnya. Anak Usia Dini akan mengalami beberapa tahapan perkembangan yaitu perkembangan aspek fisik, kognitif, Bahasa, sosial emosional, seni dan juga nilai agama dan moral. Salah satu perkembangan yang perlu dikembangkan adalah aspek fisik motoric. Perkembangan fisik motorik AUD merupakan proses perkembangan yang berkesinambungan, terjadi secara signifikan dalam pembentukan tulang, tumbuh kembang gerakan otot-otot dan saraf sesuai dengan rentang usianya yang akan mempengaruhi keterampilan anak dalam bergerak.

Antusias anakanak berlatih drumband di TK IT Almawaddah, Kec.Pedurungan Kota Semarang – Jawa Tengah

Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan fisik motoric yaitu dengan bermain drumband. Kegiatan drumband merupakan kegiatan ekstrakurikuler di lembaga kami yaitu di TK IT Almawaddah kota Semarang. Kegiatan ini diberikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di kelompok A dan kelompok B. Alhamdulillah setiap tahun banyak siswa yang berminat untuk mengikuti ekstra drumband. TK IT Almawaddah yang beralamat di Jl. Dempel Lor Raya No. 7B RT 03 RW 23 Kelurahan Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang yang saat ini anak didiknya mencapai 90 siswa dengan 10 orang guru termasuk Kepala Sekolah Bunda Susriyati, S.Pd. dan memiliki 5 kelas. Kami melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler drumband setiap hari Kamis. Selain ekstrakurikuler drumband di Lembaga kami juga ada estrakurikuler yang lain yaitu Bahasa inggris, tari, melukis, dan komputer. Anak-anak bisa memilih ekstrakurikuler yang diminatinya.

Setiap hari Kamis anak-anak bermain drumband bergantian perkelompok, kelompok A dan kelompok B dengan dipandu oleh 2 orang pelatih di bidangnya. Anak- anak sangat senang dan bersemangat saat bermain drumband, mereka dapat mengikuti ketukan drumband sesuai arahan dari pelatih. Untuk meningkatkan percaya diri anak-anak juga diajak untuk performen yang diadakan di luar sekolah seperti mengikuti festival drumband. Anak- anak sangat percaya diri saat performe disaksikan oleh banyak orang. Kami semua selaku guru sangat bangga kepada siswa-siswa karena sudah berani tampil untuk menunjukkan keterampilannya bermain drumband dan sudah berani dan percaya diri di panggung.

Read More

Banyak sekali manfaat yang didapat dari mengikuti ekstrakurikuler drumband selain melatih gerakan fisik motoric, melatih konsentrasi mengingat ketukan, melatih seni juga melatih rasa percaya diri. Semangat selalu anak-anak semuanya di TK IT Almawaddah tercinta.

Penulis, Ika Rafiana, S.Pd. Guru TK IT Almawaddah Kec. Pedurungan Kota Semarang

Related posts