Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada AUD Melalui Kegiatan Senin Bersih dan Ziarah Kubur Pahlawan Di Tugu Pahlawan Bura Desa Jatian Kec. Pakuasari Kab. Jember.

Guru dan Murid TK Suaka Anak Negeri, Kec. Pakusari Kab. Jember– Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Usia dini merupakan masa keemasan dan menjadi momentum yang tepat untuk pembentukan karakter serta menanamkan nilai moral bangsa, salah satunya jiwa nasionalisme. Pengertian nasionalisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasionalisme ialah suatu paham yang mengajarkan seseorang tentang sikap mencintai bangsa dan negaranya sendiri. Nasionalisme sangat berhubungan dengan sikap mencintai negara, baik budayanya, masyarakatnya maupun tatanannya. Tujuan menanamkan jiwa nasionalisme pada anak usia dini yaitu menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air, rela berkorban untuk mempertahankan dan melawan musuh dari luar serta menciptakan hubungan harmonis dan rukun antar sesama. Dengan menanamkan jiwa nasonalisme di usia  dini, akan tumbuh generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan, berkarakter dan cinta tanah air.

Oleh sebab itu menanamkan jiwa nasioanlisme perlu dilakukan sejak dini seperti yang di ajarkan TK Suaka Anak Negeri Desa Jatian Kec. Pakusari Kab. Jember mengadakan kegiatan Senin bersih dan ziarah makam pahlawan ke Tugu Pahlawan Bura yang berlokasi di Desa Jatian Kec. Pakusari Kab. Jember pada Senin, 27/11. Melaui kegiatan ini anak anak Tk Suaka Anak Negeri di ajak membersihkan lingkungan sekitar Tugu Pahlawan Bura agar lingkungannya tetap bersih. Selain diajak membersihkan lingkungan sekitar Tugu Pahlawan Bura anak anak juga diajak berziarah kubur dan berdoa bersama untuk mengenang perjuangan para pahlawan saat melawan para penjajah dahulu yang berlokasi tepat di samping di Tugu Pahlawan Bura.

Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada AUD Melalui Kegiatan Senin Bersih dan Ziarah Kubur Pahlawan Di Tugu Pahlawan Bura Desa Jatian Kec. Pakuasari Kab. Jember

Dengan kegiatan ini anak bisa mengetahui  bagaimana Negara Indonesia ini merdeka dan anak anak sampai saat ini bisa bebas bermain, bebas menuntut ilmu tanpa ada yang melarangnya. Tidak seperti pada zaman dahulu saat Negara Indonesi masih di jajah para rakyat Indonesia tidak bebas melakukan aktifitas karena aktifitas rakyat Indinesia di pantau oleh para penjajah. Oleh sebab itu Denagn menanamkan rasa nasionalisme dan menghormati para pahlawan kita sejak dini akan menumbuhkan rasa hormat dan menghargai akan jasa jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Indinesia merdeka.

Read More

Marilah, tanamkan jiwa nasionalime pada anak usia di awali dengan mengenalkan dan menjaga monument Sejarah para pahlawan yang ada di sekitar lingkungan kita. Seperti yang dilakukan oleh TK Suaka Anak Negeri.

Penulis : Titin Safitri, S.Pd Guru Tk Suaka Anak Negeri Desa Jatian Kec. Pakusari Kab. Jember – Jawa Timur

Related posts