Mengenal Lambang Bilangan 1 – 10 Dengan Metode Game Edukasi “Wordwall”.

Permainan Game Edukasi "wordwall" di TK Darul Hikmah, Jember - Jawa Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Masa emas (golden age) pada anak hanya datang sekali seumur hidup dan tidak dapat diulang. Pada masa itu, anak lebih mudah untuk menerima berbagai stimulasi dari lingkungan sekitar (Yusianti;2016). Masa emas (golden age) merupakan masa yang paling tepat untuk mengembangkan aspek fisik-motorik, kognitif, sosial-emosional, bahasa,moral dan agama. Selain itu, berbagai aspek perkembangan juga tumbuh dan berkembang pesat, sehingga anak membutuhkan stimulus yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kebutuhannya.

Berdasarkan pernyataan perkembangan kognitif Piaget tersebut, anak TK berada pada perkembangan kognitif fase praoperasional (2-7 tahun). Tahap ini anak mulai mengenali simbol dan tanda termasuk bahasa dan gambar, mampu melakukan permainan simbolis. Penguasaan bahasa anak sudah sistematis, anak sudah mampu melakukan permainan simbolis, imitasi, serta mampu mengantisipasi apa yang akan terjadi pada waktu mendatang dan untuk mengembangkan aspek kognitif di TK pada anak Kelompok A dalam pembelajaran dapat melalui kegiatan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, membilang, membandingkan, mengurutkan, mengenal operasi bilangan, menghitung mundur, dan lain-lain.

Konsep bilangan  merupakan fondasi matematika, Menurut Minnet (1994),(dalam Gunarti,2017), konsep bilangan akan dipelajari dimulai dari;anak menyebutkan angka-angka,memasangkan angka dengan objek, memehami dengan urutan angka, mulai mempelajari arti “ke-1,ke-2,ke-3dan seterusnya”,mengerti bahwa jumlah suatu benda konstan tergantung pada ukuran dan posisi,belajar mengenali dan menulis angka, serta memanipulasi angka dengan melakukan penjumlahan.

Read More

Salah satu konsep penting yang perlu dipelajari oleh anak TK adalah mengenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan.Pada awalnya anak-anak mampu menyebutkan satu, dua, tiga, tetapi ia sekedar menirukan orang dewasa dan tidak memahami artinya. Anak seringkali menganggap bilangan sebagai rangkaian kata-kata yang tidak bermakna. Anak tidak mengetahui bahwa bilangan merupakan simbol dari banyaknya benda, setelah anak mendapatkan berbagai pengalaman dan aspek perkembangan kognitifnya semakin berkembang,maka anak akan memahami dari lambang bilangan tersebut.(Dewi ,2014)

Kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan kemampuan anak mengenal simbol-simbol bilangan.Anak yang memiliki kemampuan mengenal lambang bilangan tidak hanya mengenal simbol tetapi anak mempunyai kesanggupan mengenal makna dari bilangan tersebut. Kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini usia 4-5 tahun adalah mampu mengenal lambang bilangan 1-10 dengan esensi bermain.(Yusianti,2016).

Anak sedang bermain Game Edukasi Wordwall.

Bermain pada hakikatnya adalah ketika seseorang melakukan sesuatu untuk bersenang-senang. Seorang anak yang sedang bermain menandakan bahwa ia sedang melakukan suatu aktivitas yang menyenangkan bagi dirinya. Karena dalam bermain anak dapat bebas mengekspresikan perasaan-perasaannya, ide-ide,ataupun fantasi-fantasinya yang kadang tidak selalu selaras dengan kenyataan yang sebenarnya. Dalam bermain, anak tidak merasa terpaksa atau ada suatu beban, juga tidak ada keharusan untuk memperdulikan hasil akhir dari bermain.(Yuliani,2019).

Dalam pengenalan konsep bilangan dan lambang bilangan kepada anak, diperlukan cara dan stimulus yang tepat dan menyenangkan. Salah satunya adalah melalui kegiatan bermain. Sebab pada prinsipnya pembelajaran di TK tidak terlepas dari kegiatan bermain yang menyenangkan.pembelajaran di TK harus menerapkan esensi bermain yang meliputi perasaan menyenangkan, merdeka, bebas, memilih,dan merangsang anak terlibat aktif.(Dewi,2014) Untuk melengkapi berbagai kegiatan pengenalan matematika untuk anak TK tersebut menggunakan alat bermain atau peraga maupun APE.

Guru sebagai pendidik harus mempunyai kompetensi dalam mengelola pembelajaran (UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Salah satunya yaitu mampu menyajikan pembelajaran dengan menggunakan media yang menyenangkan dan berkesan bagi anak. permasalahan yang ada dalam pendidikan di TK terletak pada minimnya kemampuan guru dalam menggunakan komputer, serta kurangnya kemampuan guru mengembangkan kemampuanya dalam menyusun media pembelajaran yang digunakan dalam mengajar, sehingga anak akan cepat bosan ketika kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun metode yang  dapat efektif dan  tepat  untuk  mencapai tujuan  tersebut adalah  metode bermain. Seperti bermain game edukasi berbasis IT.

Mengenal Lambang Bilangan 1 – 10 Dengan Metode Game Edukasi “Wordwall”

Penggunaan IT sebagai media pembelajaran dapat berbentuk file slide Power Point, gambar, animasi, video, audio, program CAI (Computer Assisted Instruction), program simulasi, dan lain-lain. Media pembelajaran berbasis IT sangat bagus untuk diterapkan saat pembelajaran karena peserta didik lebih tertarik pada media yang berbasis teknologi sehingga peserta didik akan lebih antusias saat kegiatan pembelajaran.

Menurut Handriyantini (2009)Game edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan dalam memberikan pengajaran berupa permainan dengan tujuan untuk merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi melalui media yang unik dan menarik.

Terdapat beberapa fungsi game edukasi yang perlu Anda pahami yaitu sebagai berikut :

1.Memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran.

2.Merangsang perkembangan daya pikir dan daya cipta.

3.Menciptakan lingkungan bermain yang menarik, smemberikan rasa aman dan  nyaman, serta meningkatkan kualitas pembelajaran anak.

4.Meningkatkan logika dan pemahaman orang yang menggunakannya.

5.Dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi yang memiliki pola pembelajaran learning by doing.

Salah satu  game edukasi yang dapat menunjang dalam mengenal lambang bilangan 1-10 adalah  tercermin dalam aplikasi Wordwall. Wordwall adalah Aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dlsb. Menariknya lagi, selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah dibuatnya melalui daring, juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Adapun cara bermain game edukasi pada wordwall yaitu klik mulai kemudian akan keluar jumlah gambar dan di bawah ada angka 1-10 secara acak,lalu kita hitung jumlah gambar selanjutnya kita klik angka yang  sesuai dengan jumlah gambar.

Penulis, Wardatuz Zamilah S.Pd Guru TK Darul Hikmah, Lingk.Krajan Barat Tegal Besar Jember – Jawa Timur.

Related posts