Mengenalkan Huruf Dengan Media Stik Huruf Pada Anak Usia Dini.

Mengenalkan Huruf Dengan Media Stik Huruf Pada Anak Usia Dini. di TK Islam Al-Azhar Balikpapan, Kalimantan Timur

RadarJateng.com, Pendidikan Kemampuan dalam mengenal huruf adalah kesanggupan melakukan sesuatu dengan mengenali tanda dan ciri aksara dalam melakukan tata tulis. Langkah dalam pengenalan huruf kepada anak usia dini seperti menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, menghubungkan huruf dengan gambar.

Melatih  mengenal huruf menjadi bagian penting dalam membangun kemampuan bahasa anak usia dini . Belajar mengenal huruf merupakan komponen hakiki dari perkembangan baca tulis, anak perlu mengetahui atau mengenal dan memahami huruf abjad untuk akhirnya menjadi pembaca dan penulis yang mandiri dan lancar. Bagi anak mengenal huruf bukan hal yang mudah salah satu penyebab adalah karena banyak huruf yang bentuknya mirip tetapi bacaanya berbeda seperti D dan B, M dan W maka diperlukan permaian membaca untuk mengenal huruf . membaca merupakan keterampilan berbahasa yang merupakan suatau proses yang bersifat fisik dan psikologis. Proses yang bersifat fisik berupa kegiatan mengamati tulisan secara visual, dengan indra visual anak mengenali dan membedakan gambar bunyi serta kombinasinya. Proses rangkaian tulisan yang dikenal menjadi rangkaian bunyi bahasa dalam kombinaasi huruf menjadi kata yang bermakna. Proses psikologis berupa kegiatan berfikir dalam mengolah informasi

Media stik huruf

Pengenalan huruf sejak usia TK yang penting adalah metode pengajarannya, melalui proses sosialisasi, dan metode pengajaran membaca tanpa membebani dengan kegiatan belajar yang menyenangkan, menurut Nurani dan Mayangsari , 2017 permasalahan yang terjadi saat ini banyak peserta didik kurang termotivasi dalam belajar mengenal huruf hal ini disebabkan proses pembelajaran hanya bersifat teacher center sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Kurangnya media pembelajaran akan mempengaruhi pada tingkat pemahaman anak terhadap materi pembelajaran. Hal ini berdampak pada kemampuan anak yang masih rendah dalam mengenal huruf, belum mengetahui betul bagaimana bentuk dari huruf-huruf tersebut. Media merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk mendukung kemampuan keaksaraan awal anak. Aryad ( 2014:3 ) mendefinisikan media sebagai perantara pesan. Media mungkin datang dalam bentuk sumber daya yang membantu dalam pelajaran, alat peraga adalah jenis bahan belajar yang paling umum digunakan dalam pendidikan anak usia dini. Alat peraga yang dimaksud meliputi media atau alat bantu belajar, serta hal – hal lain yang digunakan untuk menunjukkan topik pembelajaran. Alat peraga atau media pembelajaran ini juga bisa dikombinasikan dengan memberikan kegiatan bermain sambil belajar.

Read More

Banyaknya media yang dapat dikombinaasikan dengan cara bermain tentunya guna memotivasi belajar bagi peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menstimulasi kemampuan mengenal huruf adalah media stik huruf . media ini adalah media pembelajaran yang sederhana dengan memadukan abjad ( a-z ) yang dibuat dari kertas origami dan di bawahnya ada stik es krim, hal ini merupakan salah satu pendekatan agar kegiatan bermain tersebut lebih menyenangkan dan menyenangkan bagi anak.

Media stik huruf

Dalam membuat media atau alat peraga stik huruf sangat lah mudah, bahan – bahan yang digunakan pun banyak kita jumpai atau dapatkan disekitar kita seperti stik es krim, doobletipe, huruf – huruf abjad, gunting. Untuk huruf abjad kita dapat membuat dari kertas origami atau kita dapat mencari dari internet yang memiliki huruf abjad dalam bentuk yang menarik atau memiliki warna -warna yang menarik untuk anak.

Cara membuat :

  • Siapkan bahan seperti huruf – huruf abjad yang sudah kita buat menurut kreasi kita yang memiliki bentuk dan warna yang menarik bagi anak
  • Gunting huruf – huruf abjad sesuai dengan bentuk kreasinya
  • Gunting doobletipe yang sudah kita siapkan menjadi bagian yang kecil – kecil agar mudah kita tempel saat diletakkan pada stik es krim.
  • Letakkan potongan – potongan doobletipe pada ujung stik es krim
  • Setelah doobletipe sudah tertempel pada ujung stik es krim kemudian ambil huruf abjad dan tempel pada doobletipe yang ada pada ujung stik es krim
  • Lakukan hal sama sampe huruf abjad habis
  • Lebih baik kita membuat sebanyak peserta didik didalam kelas agar mereka dapat menggunakan masing-masing.

Cara menggunakan :

  • Dalam penggunaan stik huruf dapat kita lakukan untuk mengenalkan huruf-huruf abjad atau membentuk sebuah kata , contoh disaat kita ingin mengenalkan kata S A Y A maka anak akan mencari huruf- huruf yang terdapat pada kata S A Y A.
  • Dapat juga kita menggunakan untuk menyebut dua huruf digabung satu contoh kita mengambil huruf S dan A anak menyebutkan masing-masing hurufnya kemudian stik huruf kita gabungkan menjadi satu maka penyebutan menjadi SA.
  • Anak-anak bisa menngunakan untuk mencari huruf-huruf yang terdapat pada nama mereka dan setelah terbentuk nama mereka anak-anak dapat menulis huruf yang ada pada stik huruf membentuk nama mereka sehingga mereka secara tidak langsung sudah dapat mengetahui huruf-huruf pada nama mereka.

Tujuan dari penggunaan media stik huruf ini dapat meningkatkan minat anak dalam mengenal huruf-huruf abjad sehingga dapat mengembangkan kecerdasan bahasa dengan menyenangkan, anak menjadi aktif dan lebih efektif karena materi pembelajaran tersampaikan kepada anak-anak dengan mudah.

Semoga informasi diatas dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.

Penulis Nurul Widya,S.Pd, Guru TK Islam Al-Azhar Balikpapan, Kalimantan Timur

Related posts