Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembuatan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Geografi.

Ibu Ria Patrianingsih, S. Pd, Guru SMA Raden Fatah Cimanggu, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap – Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan merupakan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif dalam mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan tersebut juga dapat di artikan dengan proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat mengerti, memahami, dan dapat membuat akal pikiran peserta didik lebih kritis dalam berpikir. Pendidikan berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa,dalam dunia pendidikan tidak hanya guru yang berperan dalam keberhasilan proses belajar mengajarnya, akan tetapi peserta didik juga memengaruhi berlangsungnya suatu pendidikan.

Guru dan peserta didik merupakan dua hal yang tidak bisa di pisahkan dalam dunia pendidikan. Tugas guru bukan hanya menyampaikan ilmu pengetahuan, namun guru juga harus mengajar, mendidik, mengayomi, melatih peserta didik agar menjadi orang yang berakhlak mulia, berbudi pekerti yang baik, dan taat aturan. Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah, ia harus bekerja dengan sepenuh hati untuk menjalani profesi sebagai seorang guru demi mencerdaskan anak bangsa. Menjadi seorang guru harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan maksimal. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memang tidak dapat dibendung lagi. Pengaruhnya kian meluas ke semua aspek dan bidang kehidupan manusia, temasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi zaman sekarang sudah berkembang begitu pesat dan maju. Dalam inovasi Pendidikan teknologi juga berperan besar, teknologi digunakan agar pembelajaran terbantu jika mengalami kendala.

Hasil karya siswa menggunakan canva (SMA Raden Fatah Cimanggu, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap – Jawa Tengah)

Sebagai guru geografi di SMA Raden Fatah Cimanggu, Kab. Cilacap memilih aplikasi canva sebagai media pembuatan mind mapping pada materi Faktor yang mempengaruhi persebaran Flora dan Fauna  untuk meningkatkan literasi dan motivasi belajar siswa dalam memahami materi tersebut. Hal ini dilakukan dengan membuat mind mapping yang menarik menggunakan aplikasi canva. Mind mapping disebut pemetaan pikiran atau peta pikiran, adalah satu cara mencatat materi pelajaran yang memudahkan siswa belajar.

Read More

Bentuk mind mapping seperti peta sebuah jalan di kota yang mempunyai banyak cabang. Seperti halnya peta jalan kita bisa membuat pandangan secara menyeluruh tentang pokok masalah dalam suatu area yang sangat luas. Dengan sebuah peta kita bisa merencanakan sebuah rute yang tercepat dan tepat dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kita berada. Mind mapping disebut pemetaan pikiran atau peta pikiran, adalah satu cara mencatat materi pelajaran yang memudahkan siswa belajar. Khusus, dalam konteks pembelajaran, mind mapping dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami, mengorganisasikan dan memvisualisasikan materi dan aktivitas belajarmya secara kreatif dan atraktif.

Hasil karya siswa menggunakan canva (SMA Raden Fatah Cimanggu, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap – Jawa Tengah)

Dalam pembuatan mind map menurut Mel Silberman (2004: 188) prosedur mind map, yaitu:

  1. Pilihlah topik untuk pemetaan pikiran. Beberapa kemungkinan mencakup: (a) Problem atau isu tentang ide-ide tindakan yang anda inginkan untuk menciptakan ide-ide aksi; (b) Konsep atau kecakapan yang baru saja anda ajarkan; (c) Penelitian yang harus direncanakan oleh siswa.
  2. Konstruksikan bagi kelas peta pikiran yang sederhana yang menggunakan warna, khayalan, atau simbol.
  3. Berikanlah kertas, pena, dan sumber-sumber yang lain yang anda pikir akan membantu peserta didik membuat peta pikiran yang berwarna dan indah.
  4. Berikanlah waktu yang banyak bagi peserta didik untuk mengembangkan peta pikiran mereka. Perintahkan kepada peserta didik untuk saling membagi peta pikirannya.

Penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan mind mapping sebagai media pembelajaran sangat membantu siswa untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan kolaboratif, membuat pembelajaran visual dan komunikasi menjadi mudah dan menyenangkan. Canva adalah platform berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai desain menarik. Banyak orang mengenali canva sebagai program pembuat desain logo atau content media sosial. Padahal sebenarnya canva banyak sekali memiliki manfaat salah satunya adalah membuat Mind Map.

Hasil karya siswa menggunakan canva (SMA Raden Fatah Cimanggu, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap – Jawa Tengah)

Langkah- langkah membuat mind mapping menggunakan canva, yaitu:

  1. Kunjungi situs Canva atau buka aplikasinya melalui ponsel.
  2. Pastikan sudah membuat akun di Canva atau klik ‘Daftar’ sebelum masuk.
  3. Jika belum membuat akun Canva, gunakan email yang masih aktif dan kata sandi yang mudah diingat untuk mendaftar.
  4. Tunggu beberapa waktu hingga muncul tampilan dashboard.
  5. Ketik ‘mind mapping’ di kolom pencarian Canva dan tekan enter.
  6. Pilihlah template mind mapping yang kamu inginkan.
  7. Edit atau modifikasi konsep mind mappingserta isinya.
  8. Kamu dapat mengedit isi konten dengan data informasi yang kamu miliki sesuatu dengan pembahasan materi.
  9. Setelah itu, kamu bisa melakukan uji hasil konsep mind mappingsecara langsung dari Canva.

Selain itu juga dapat di export ke bentuk dokumen PDF atau presentasi Power Point.

Hasil karya siswa menggunakan canva (SMA Raden Fatah Cimanggu, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap – Jawa Tengah)

Pembelajaran di abad ke-21 harus menekankan kolaborasi, pemikiran kritis, kreativitas, dan komunikasi. Sistem pendidikan kita harus membekali siswa dengan kemampuan berpikir, memecahkan masalah dan merespons dan berkembang dalam masyarakat yang terus berubah. Tantangan kita sebagai seorang guru adalah untuk memastikan kualitas pembelajaran pada diri siswa untuk bekal di masa depan. Dengan banyaknya informasi yang tersedia secara online, guru sekarang lebih menjadi fasilitator pembelajaran daripada sumber semua pengetahuan. Guru dapat mengajukan pertanyaan, menyediakan alat dan metode penelitian, serta memberikan materi dan panduan topik untuk pemecahan masalah.

Penggunaan Tekhnologi dalam pembelajaran mutlak di kuasai oleh seorang guru untuk menyambut perubahan dan pembelajaran di Abad 21. Penggunaan Model pembelajaran Mind Mapping menggunakan Aplikasi Canva akan menjadi salah satu solusi untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan bermakna yang pada akhirnya tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal. Model pembelajaran Mind Map dengan menggunakan Aplikasi Canva bisa menjadi alternatif yang tepat dalam pembelajaran apabila terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dan pemahaman akan fungsi dari model pembelajaran Mind Map dengan aplikasi Canva tersebut.

Penulis, Ria Patrianingsih, S. Pd. Guru SMA Raden Fatah Cimanggu, Kec. Cimanggu, Kab. Cilacap – Jawa Tengah

Related posts