Panen Raya SDN Ngadirgo 03 Dimeriahkan dengan Pentas Seni dan Pameran Kuliner Sehat

Siswa SDN Ngadirgo 03 menunjukkan kemampuan menari saat gelar Panen Raya di halaman sekolah setempat, Kamis (15/12)

Radarjateng.com,SEMARANG – Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ngadirgo 03 Mijen menunjukkan hasil karya kuliner dengan olahan makanan dan minuman sehat pada gelar Panen Raya di halaman sekolah setempat, Kamis (15/12).

Dalam acara tersebut, ditunjukkan olahan makanan dan minuman, seperti tape, jasuke, telur asin, kuwe, brownies, hingga jus buah naga. Selain itu, anak-anak menunjukan kemampuan dalam pentas seni yang menarik.

“Kegiatan ini merupakan proyek pengembangan profil pelajar Pancasila sebagai implementasi dari kurikulum merdeka dengan proyek Mami Sehati. Yakni, makanan minuman sehat dan berdaya jual tinggi,” kata Kepala SDN Ngadirgo 03, Tiyas Suprapti.Menurut dia, pelaksanaan panen raya kali ini mengambil tema kewirausahaan yang terfokus pada pengembangan kuliner sehat.

Berbagai karya sesuai proyek, khususnya kelas I dan IV ditampikan. Mulai dari makanan sehat seperti Jasuke, tape singkong, telur asin, brownies ubi unggu, hingga muniman rempah dan jus buah naga dipamerkan.
“Kita mengangkat kearifan lokal, sehingga semua bahan kita ambil dari masyarakat sekitar sekolah. Seperti telur bebek dan singkong kita membeli dari peternak dan petani di Ngadirgo. Begi juga dengan bahan lain, anak-anak membeli di pasar yang lokasinya berada di depan sekolah,” terang dia.

Dengan kegiatan tersebut, ia berharap, ke depannya akan menjadi bekal bagi anak-anak untuk bisa hidup mandiri dengan mampu menghasilkan karya yang bernilai jual.

“Sesuai tujuan dari pendidikan yaitu membentuk manusia berjiwa mandiri dan kreativitas tinggi sehingga kelak nanti menjadi manusia berguna bagi agama, nusa, dan bangsa,” kata dia.

Ia menambahkan, meski kegiatan tersebut merupakan proyek pengembangan bagi kelas I dan IV, namun semua siswa dari kelas I smapai VI terlibat dalam acara.

“Kita ada 12 kelas, mulai kelas I sampai VI yang masing-masing dua rombel, semua mendukung termasuk paguyuban orang tua wali siswa, bekerja sama menyukseskan panen raya ini dengan pentas seni dan pameran,” katanya.

Related posts