Berlajar Lebih Dekat dengan Alam, Mengenal dan Menyayangi Binatang Ciptaan Allah SWT Sejak Usia Dini.

Berlajar Lebih Dekat dengan Alam, Mengenal dan Menyayangi Binatang Ciptaan Allah SWT Sejak Usia Dini.

RadarJateng.com, Pendidikan Sejak usia dini anak harus di kenalkan dengan lingkungan Alam Sekitarnya, untuk menyayangi binatang, merawat dan tidak menyakiti binatang. Lingkungan Alam sangat berpengaruh pada kecerdasan social emosi dan seni anak.

Adapun beberapa manfaat mengenal lingkungan alam sejak dini yaitu:

1. Melatih Rasa Percaya Dini Anak, Bermain di alam bebas memberi kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi benda dan alam sekitar yang snagat berpengaruh pada perkembangan anak termasuk rasa percaya diri anak. Anak bebas berinteraksi dengan lingkungan dan mengendalikan diri tentang sikap dan perilaku. Hal ini menjadi bekal untuk anak agar tumbuh rasa percaya diri.

Read More

2. Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi Anak, Dengan Alam anak mengenal air, udara, api yang bias menjadi bahan kreativitas anak.  Mengenal alam tentu banyak mengajarkan anak banyak hal tentang pengalaman baru dan pengetahuan yang secara langsung sangat bermanfaat bagi kehidupannya.

TK Aldercy Islamic School Surakarta – Jawa Tengah

3. Membuat Anak menjadi Aktif Bergerak, Tidak sebebas ketika anak bermain di dalam rumah, di dalam ruangan, di banding bermain di luar alam bebas. Anak tentu lebih aktif bergerak dan bebas mengeksplorasikan imajinasi nya dengan leluasa.

4. Menghindari Stres, Di alam lingkungan alam banyak sekali yang membuat menghilangkan stress. Pegunungan, sawah, air terjun, sungai dan masih banyak lagi yang membuat kita merasa senang ketika berada di alam bebas, sehingga mengurangi stres

5. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab, Bermain dan belajar di lingkungan anak akan membuat anak senang, tentu tidak lupa mengajarkan anak untuk bertanggungjawab menjaga lingkungan sekitar. Membuang sampah pada tempatnya, merawat binatang, menyayangi dan merawat tanaman.

Berlajar Lebih Dekat dengan Alam, Mengenal dan Menyayangi Binatang Ciptaan Allah SWT Sejak Usia Dini.

Di TK ALDERCY ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA Kegiatan mengenal dan menyayangi Binatang ciptaan Allah Swt dilakukan dengan Outing class ke Amanah Karanganyar itu menjadi agenda setiap tahun. Anak belajar lebih dekat dengan alam melihat, mengenal, memberi makan binatang, dan menyayangi binatang.

Anak-anak senang sekali melihat Alam lebih dekat dan bisa belajar langsung di alam bebas.

Penulis : Elma Kusumawati, S.Pd Guru TK Aldercy Islamic School Surakarta – Jawa Tengah

Related posts