Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Si Kecil Dengan Media Bahan Alam.

Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Si Kecil Dengan Media Bahan Alam

RadarJateng.com, Pendidikan Mengenal angka sejak dini menghadirkan manfaat besar bagi tumbuh kembang si kecil. Kemampuan ini tidak hanya bermanfaat bagi pencapaian akademisnya dibidang matematika saat bersekolah, tapi mengenal angka sejak dini juga turut membantu perkembangan kognitifnya. Ketangkasan dalam berhitung mengajarkan anak untuk saling mengaitkan ide, mengembangkan kemampuan berpikir logis dan abstrak, kemudian menganalisa dan mempertanyakan, serta memahami dunia sekitarnya.

Memperkenalkan bilangan pada anak usia dini sebaiknya dengan kegiatan bermain/ melakukan permainan karena dengan kegiatan bermain anak merasa senang, nyaman dan anak akan belajar tentang kehidupan, melatih keberanian sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta belajar menghargai teman sesamanya.

Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Si Kecil Dengan Media Bahan Alam di TK. Peradaban Serang, Banten.

Lingkungan yang kondusif dapat mengembangkan potensi dan minat anak secara optimal. Tidak adanya sarana dan prasarana yang mendukung membuat kegiatan pembelajaran menjadi terhambat. Media bahan alam merupakan suatu alat yang mudah ditemui untuk bereksperimen dan bereksplorasi. Memanfaatkan alam yang ada disekitar sebagai media menjadikan anak dapat belajar secara langsung. Anak dapat berinteraksi melalui nyanyian alam dan berjalan melewati taman dan pohon-pohonan. Bahan alam yang dapat dijumpai seperti ranting, daun, batu, bunga dan masih banyak yang lainnya. Bahan alam yang digunakan sangat beragam dan penggunaan yang dilakukan diharapkan tepat atau sesuai dengan keadaan lingkungan disekitar anak.

Read More

Pengenalan konsep bilangan menggunakan bahan alam akan diminati oleh anak-anak. Langkahnya sangat mudah. Ajaklah mereka untuk berkeliling mencari bahan alam. Bangunlah percakapan yang interaktif, berikan pertanyaan pemantik seperti, mengapa ranting jatuh, bagaimana bentuk bunga, siapa yang menciptakan keindahan alam. Selain mempunyai tujuan awal dimana akan mengenalkan konsep bilangan, anak mendapatkan stimulasi dalam perkembangan bahasa, pengenalan sains serta menanamkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Langkah-langkah setelah mendapatkan bahan alam adalah, membuat kartu angka. Cara membuat kartu angka sangat mudah :

  • Print gambar angka
  • Gunting pola gambar angka
  • Siapkan kertas jilid yang berwarna kontras kemudian dipotong menjadi beberapa bentuk persegi
  • Tempelkan pola gambar angka diatas kertas jilid yang telah dipotong
Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Si Kecil Dengan Media Bahan Alam di TK. Peradaban Serang, Banten.

Cara bermain mengenal konsep bilangan menggunakan bahan alam adalah :

  • Guru/orangtua memperlihatkan kartu angka mulai dari 1 sampai 10
  • Membilang bersama-sama angka 1-10
  • Kartu angka disusun memanjang
  • Guru/orangtua mencontohkan dengan cara menyimpan bahan alam (batu, ranting, daun, bunga) dibawah kartu angka sebanyak jumlah yang tertera, yang dimulai dari angka 1 hingga angka 10
  • Anak melakukan kegiatan tersebut dengan memilih bahan alam yang diinginkannya
  • Berikan motivasi jika anak belum mengerti cara permainannya
  • Apresiasi diberikan pada saat anak berhasil melakukan permainannya

Tujuan penggunaan media ini adalah untuk pengembangan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan dengan cara asyik dan menyenangkan.

Penulis : Annis Annisa, S.Pd. Guru TK. Peradaban Serang, Banten.

Related posts