Media Sederhana Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini.

Media Sederhana Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang penting dan merupakan dasar dari sebuah pendidikan, karena di PAUD anak-anak diajarkan banyak sekali ilmu-ilmu dasar. Di mulai dari huruf alfabet, macam-macam warna, nama-nama benda, nama-nama hewan dan lain sebagainya. Terlebih lagi anak usia dini ini berada dalam masa keemasan di sepanjang rentang usia perkembangan manusia. Masa ini merupakan periode sensitif, selama masa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya. Pada masa ini anak siap melakukan berbagai kegiatan dalam rangka memahami dan menguasai lingkungannya.

pendidikan anak usia dini berorientasi pada kegiatan bermain, sebagaimana kita ketahui bahwa anak belajar dan mendapatkan banyak pengalaman melalui bermain. Oleh karena itu sistem kegiatan pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dirancang secara khusus melalui metode bermain sambil belajar. Dalam belajar anak usia dini memerlukan perantara atau yang biasa disebut dengan media pembelajaran, dimana dengan adanya media pembelajaran mampu mengalihkan perhatian anak untuk tidak cepat bosan atau mampu konsentrasi dalam suatu kegiatan dengan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran.

Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian anak usia dini sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Dalam mengembangkan aspek kemampuan nilai moral dan agama, bahasa, kognitif, sosial emosional, fisik motorik maupuan seni pada anak usia dini diperlukan media pembelajaran yang beragam dan bervariasi agar stimulasi yang diberikan kepada anak membuahkan hasil yang maksimal.

Read More
Media Sederhana Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini

Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini yaitu media sederhana dalam mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini.  geometri adalah pemahaman konsep berbagai bentuk geometri bangun datar dan bangun ruang, seperti segi empat, segitiga, lingkaran, dll. Pengenalan bentuk geometri yang baik, selain dapat meningkatkan kemampuan kognitif, anak juga dapat memahami lingkungannya. Selain itu anak mampu berpikir matematis logis dan dapat memahami konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti media pohon puzzle geometri berikut ini yang sangat mudah dibuatnya. Alat dan bahan antara lain gambar pohon, gambar pasangan puzzle pohon yang berbentuk geometri, kardus bekas, lem, gunting, perekat, spidol.

Cara membuatnya :

  • Gunting gambar pohon dan pasangan puzzle pohon yang berbentuk geometri
  • Sesudah di gunting lalu di lem dan tempel pada kardus gambar pohonnya
  • Selanjutnya dikasih perekat pada gambar pohon dan pasangan puzzle pohon berbentuk geometri
  • Kalau sudah selesai tulis nama sesuai bentuk geometri nya dengan spidol, misal segitiga, segi empat, lingkaran, dll.

Cara penggunaannya :

  • Guru atau orang tua bisa sambil mengajak anak berinteraksi sambil menyebutkan yang mana bentuk geometri segitiga, segi empat, lingkaran, dll.
  • Gabungkan puzzle pasangan pohon geometrinya jadi satu
  • Kemudian anak disuruh mencari bentuk yang sesuai dengan pohon geometrinya
  • Kalau sudah dapat tempelkan pada pohon geometri
  • Selanjutnya guru atau orang tua bisa menanyakan kepada anak bentuk geometri apa yang dia dapat.

Tujuan dari penggunaan media ini adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa anak khususnya dalam hal mengenal bentuk geometri dengan media sederhana yang bisa dibuat dirumah maupuan disekolah.

Semoga info diatas bermanfaat bagi kita semua.

Penulis Novia Hardianti, S. Pd Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Kab Hulu Sungai Tengah – Kalimantan Selatan.

Related posts