Tips Memelihara Kesehatan Mata.

Ibu Misnawati, S.Pd Saat Menjelaskan Tentang Kesehatan Mata

RadarJateng.com, Pendidikan Fungsi mata secara umum merupakan indra penglihatan yang membuat Anda bisa menikmati pemandangan mulai dari macetnya jalan raya sampai indahnya pemandangan alam. Oleh sebab itu mata menjadi salah satu organ yang sangat penting dan perlu dijaga kesehatannya agar Anda tetap bisa melihat. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Untuk mengetahui macam fungsi mata serta cara menjaga kesehatannya, simak terus penjelasan dibawah ini.

Fungsi Mata sesuai Anatomi

Fungsi mata secara awam, yaitu buat melihat. Namun, Anda perlu tahu fungsi mata berdasarkan bagian-bagian pada anatomi mata. Nah, berikut penjelasan fungsi mata sesuai dengan bagian-bagian pada anatomi mata.

Read More

Kornea, Bagian dalam anatomi mata yg pertama, yaitu kornea. Bagian ini artinya suatu jaringan yg memiliki bentuk kubah transparan yg terbentuk di bagian mata paling luar. Fungsi dari kornea, yaitu menjadi pintu masuk cahaya ke pada mata. Berkat kornea lah Anda dapat melihat aneka macam gambar dan goresan pena menggunakan jelas.
dua.

Bilik mata depan, Bilik mata depan merupakan suatu kantung yg menyerupai jelly dan berada pada belakang kornea. Fungsi dari bilik mata depan, yaitu membantu membawa nutrisi ke jaringan mata melalui cairan yg terdapat pada dalamnya. Cairan tersebut adalah aqueous humor yang berfungsi juga pada penyeimbang tekanan pada mata.

Sklera, Sklera mempunyai fungsi krusial pada mata, yaitu buat melindungi bola mata. Bentuk dari sklera itu sendiri, yaitu selaput putih menggunakan jarinngan fibrosa yang menutupi bola mata. Pada selaput putih tersebut, terdapat otot yang menggerakkan mata.

Iris dan pupil, Bagian dalam anatomi mata yang selanjutnya, yaitu iris dan pupil, kedua bagian ini adalah bagian yang saling berhubungan satu sama lainnya. Pupil itu sendiri artinya bulatan kecil berwarna hitam. Iris yaitu membran yang, berbentuk cincin serta mengelilingi pupil. Iris berfungsi pada menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk dan pupil berfungsi untuk membuka serta mengecil sesuai cahaya yang sudah diatur oleh iris.

Lensa, Fungsi bagian lensa, yaitu membantu memusatkan cahaya dan gambar diretina. Lensa mata mempunyai tekstur yang sangat elastis serta lentur sehingga bisa berubah bentuk untuk fokus pada objek yang Anda lihat. Letak lensa mata sempurna berada dibelakang iris dan pupil.

Retina, Retina ialah bagian anatomi mata yang paling peka terhadap cahaya. Retina ini memiliki fungsi dalam mengganti cahaya sebagai impuls listrik yang akan dibawah ke otak. Nantinya impuls listrik ini akan ditafsirkan sebagai objek atau gambar.

Cara Merawat Kesehatan Mata

Dari penjelasan diatas tentang pentingnya fungsi mata, tentu wajib dijaga kesehatannya. Bagaimanakah cara menjaga kesehatan mata? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata.

1. Periksakan mata secara rutin

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin setidaknya dua tahun sekali. Orang dewasa yang telah berusia lebih 40 tahun disarankan buat memeriksakan mata setahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan mata. Melalui investigasi mata, dokter dapat memantau syaraf mata dan mendeteksi semenjak dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Selain itu, investigasi mata perlu dilakukan jika Anda mempunyai penyakit mata yang diturunkan secara genetik.

2. Konsumsi makanan yang bergizi

Dalam menjaga kesehatan mata, Anda disarankan mengonsumsi makanan bernutrisi dan kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, serta asam lemak omega-3. Beberapa nutrisi tersebut diketahui dapat menangkal problem mata terkait usia, misalnya katarak serta degenerasi makula. Anda bisa memperoleh aneka macam nutrisi tadi dengan mengonsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

3. Hindari penggunaan gawai terlalu lama

Menatap layar komputer atau smartphone yang terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri dibagian leher, sakit bagian bahu dan punggung, mata menjadi kering, serta pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja didepan komputer, maka disarankan untuk istirahat dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik, setiap 20 menit sekali. Bila mata Anda terasa kering, Anda dapat mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata.

4. Hindari paparan sinar ultraviolet

Tidak hanya kulit, mata juga perlu dilindungi dari sinar ultraviolet. Hal ini disebabkan mata beresiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, bahkan dapat menyebabkan kanker mata. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA serta UVB atau menggunakan topi bertepi lebar waktu beraktivitas di siang hari.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok bisa menaikkan resiko terjadinya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan dan menghambat retina mata.

6. Olahraga secara rutin

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa olahraga dapat mengurangi resiko penyakit mata bahkan menurunkan resiko kehilangan penglihatan karena tekanan darah tinggi diabetes, dan kadar kolestrol yang tinggi.

Selain berbagai cara diatas, Anda dianjurkan untuk menghindari kebiasaan membaca di tempat yang kurang cahaya atau gelap. Kemudian jarak antara mata dan buku yang dianjurkan adalah sekitar 25-30 cm.

Penulis : Misnawati, S.Pd.

Related posts