Manfaat Ballyra dalam Meningkatkan Perkembagan Anak di TK Al-Hidayah Pangongangan Kota Madiun.

Manfaat Ballyra dalam Meningkatkan Perkembagan Anak di TK Al-Hidayah Pangongangan Kota Madiun

RadarJateng.com, Pendidikan Pembelajaran drumband merupakan salah satu pembelajaran seni yang dapat diterapkan pada pendidikan anak usia dini dan sangat berpengaruh pada perkembangan anak yang ditandai dengan perkembangan motorik kasar dan motorik halus anak, pola bahasa serta perkembangan sosial dan emosional anak. Dalam hal ini penulis focus kepada alat pukul Bellyra . Bellyra adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dan biasanya digunakan pada drum band . Alat musik bellyra digunakan untuk memainkan nada melodi dalam sebuah lagu pada drum band. Di TK Al-Hidayah Pangongangan sudah bertahun – tahun menjuarai lomba drumband. Mengapa penulis mengangkat alat music ini? Karena dengan alat music ini anak-anak lebih cepat mengenal angka serta melatih koordinasi mata dan tangan saat memainkan alat ini.

Dengan alat ini anak belajar focus terhadap angka dan ketukan, sehingga untuk ketepatan pukulan sangat lah dibutuhkan. Bermain alat musik ini dapat membantu meningkatkan kapasitas otak kiri anak, yang mana ini berhubungan langsung dengan kemampuan berbahasa. Jadi, anak yang telah mengikuti kegiatan musik sejak dini, cenderung mempunyai artikulasi kata serta kemampuan membaca yang lebih baik, dibandingkan anak-anak yang tidak ikut kegiatan music.

Manfaat Ballyra dalam Meningkatkan Perkembagan Anak di TK Al-Hidayah Pangongangan Kota Madiun

Jika anak-anak Anda sudah dalam tingkat menengah dan lanjut dalam bermain alat musik, maka Anda sudah bisa mengatur target dalam kegiatan seni musiknya. Hal tersebut dapat melatih anak untuk disiplin dan memiliki komitmen. Karena Ballyra adalah music pertama yang harus selesai dahulu dalam Drumband. Baru alat lain mengikuti.

Read More

Tidak hanya itu, mengatur target dalam bermain alat musik, juga dapat membuat anak paham tentang kerja keras serta kesabaran. Nah, jika anak Anda berhasil mencapai targetnya, maka jangan lupa berikan apresiasi agar anak merasa bangga atas kedisiplinan yang Ia terapkan selama ini.

Sama halnya dengan kegiatan berolahraga, bermain alat musik bisa membantu meningkatkan kemampuan motorik anak. Contohnya ketika anak bermain Ballyra, maka anak harus mengkoordinasikan tangan dengan telinga dan juga matanya, sehingga otak dan otot anak harus bisa melakukan sinkronisasi.

Anak-anak yang bermain alat musik ini anak akan lebih peka dalam pendengaran, karena mereka terbiasa mendengarkan berbagai irama yang dihasilkan dari alat musik yang dimainkan. Manfaat terakhir dari mengenalkan dan melatih anak bermain alat musik sejak dini adalah meningkatkan konsentrasi. Anak-anak yang berlatih musik sejak kecil, terbukti lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu dalam periode waktu tertentu. Sehubungan dengan manfaat yang telah ditulis oleh penulis TK Al-Hidayah akan selalu mengembangkan music ini untuk menstimulasi perkembangan anak.

Penulis : Ratna Dwi Prihatin, S.Pd Guru TK Al-Hidayah Pangongangan, Manguharjo – Madiun, Jawa Timur

Related posts