Permainan Bowling Dapat Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.

Permainan Bowling di TK Negeri 01 Suak Tapeh, Kec Suak Tapeh Kab. Banyuasin Palembang Sumatera Selatan

RadarJateng.com, Pendidikan Dalam kehidupan anak ,bermain mempunyai arti yang sangat penting ..Melalui bermain anak usia dini dapat melepaskan energi dan juga perasaannya dengan bermain.,memperoleh kesempatan mengembangkan potensi – potensi yang ada pada dirinya. bermain merupakan sarana belajar anak usia dini. Melalui permainan, anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan, memanfaatkan, dan mengambil kesimpulan mengenai benda di sekitarnya. bermain merupakan implementasi dari stimulasi perkembangan. Anak dapat meningkatkan fungsi kognitif, melatih pengendalian diri dan emosi, membantu pertumbuhan fisik, melatih keterampilan motorik, merangsang kreativitas, dan mengembangkan sportivitas.

Begitu banyak permainan kreatif yang dapat membantu  pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini agar bisa tumbuh dan berkembang secara optimal maka diperlukan suatu rangsangan atau stimulus yang tepat. Salah satu nya adalah permainan bowling. H stricland mengemukakan bahwa permaianan bowling permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola dengan lingkaran 27 inchi ( diameter kira – kira 8,1/2 inchi ) pada alley ( lorong ) atau lanese dengan lebar 42 inchi.Bola menggelinding sejauh 60 kaki kearah formasi  sepuluh buah pin,pin tersebut tingginya 15 inchi dan bagian tengah satu pin berjarak 12 inchi dari pin berikutnya.Menurut Barbara Sher,dalam bermain bowling anakanak belajar tentang koordinasi mata,tangan dan mencari tahu seberapa kekuatanyang  diperlukan untuk menjatuhkan kaleng – kaleng secara bersamaan.

Read More

Permainan bowling di Taman Kanak- kanak  sendiri dapat dilakukan dengan memodifikasi permainan bowling baik itu alat dan aturan permainannya sesuai dengan tingkat kemampuan anak usia dini. Permainan bowling dapat diciftakan sendiri dari bahan bekas seperti kaleng,cangkir, dan botol minuman. Permainan bowling dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak yaitu melatih otot lengan, otot bagian kaki juga terlatih. Karena kaki menjadi tolakan pertama saat berjalan untuk melempar serta poros penahan tubuh saat melakukan ayunan lempar

Selain itu,Purnomo (2013: 96) menyatakan bahwa permainan bowling untuk anak usia dini adalah untuk melatih koordinasi gerakan, konsentrasi, dan memperkirakan kekuatan untuk menjatuhkan kalng/botol.selain itu permainan ini dapat membantu anak bagaimana Belajar memecahkan masalah. mengembangkan rentang konsentrasi.,mengembangkan kemampuan sensor motorik, logika berfikir, konsentrasi, maupun ketekunannya.,Membangun kecerdasan sosial emosional.Bermain juga dapat membantu anak berinteraksi dengan baik bersama teman-temannya.

Semoga info diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Penulis Ani Arma, S. Pd Guru TK Negeri 01 Suak Tapeh, Kec Suak Tapeh Kab. Banyuasin Palembang Sumatera Selatan

Related posts