Media Roda Pintar Mengenalkan Membaca Kata Pada Anak Usia Dini.

Media Roda Pintar Mengenalkan Membaca Kata Pada Anak Usia Dini

RadarJateng.com, Pendidikan Di dalam Pasal 1 ayat 14 Undang-Undang     Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini merupakan upaya  untuk pembinaan kepada anak dari lahir sampai usia 6 tahun melalui pemberian rangsangan pendidik untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak memiliki persiapan  untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Upaya pembinaan tersebut meliputi aspek- aspek perkembangan sosial emosional, kognitif, fisik motorik, moral agama, seni, dan bahasa dalam menunjang perkembangan anak untuk memasuki pendidikan yang lebih   tinggi. Tanggung jawab guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan belajar yang menyenangkan agar dapat membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik sehingga tumbuh minat untuk belajar. Guru bukan saja bertanggung jawab terhadap aspek pengetahuan tetapi juga terhadap aspek mendidik kepribadian anak misalnya “mendidik dalam disiplin, tanggung jawab dan kemandirian.” (Oemar Hamalik: 2002).

Seorang guru harus memanfaatkan media pembelajaran. Karena, salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah “sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.” (Azhar Arsyad: 2008). Selain itu, media pembelajaran mampu merangsang semua indera. Lebih lanjut Arsyad menjelaskan, “semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah informasi tersebut dimengerti dan dapat dipertahankan dalam ingatan. Dengan demikian, siswa diharapkan akan dapat menerima dan menyerap dengan mudah dan baik pesan-pesan dalam materi yang disajikan.” (Azhar Arsyad: 2008)

Media roda pintar dapat merangsang semua indera anak dan sangat sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca kata pada anak usia dini. Alat dan bahan antara lain : 3 kertas karton, kartu kata bergambar, kertas lipat, double tips, mur dan baut, gunting, penggaris, gambar, kartu huruf vocal, dan kartu huruf konsonsn .

Read More

Cara pembuatan roda pintar :

  1. Potong 3 kertas karton bentuk lingkaran ukuran sesuai yang di inginkan.
  2. Tempel kertas lipat diatas karton, warna sesuai keinginan.
  3. Tempel huruf vocal pada papan 1
  4. Tempel huruf konsonan pada papan 2
  5. Tempel gambar dan suku kata pada papan 3
  6. Susun 3 pola karton dengan mur dan baut.
  7. Pasang anak panah di atas papan 3.

Cara penggunaan :

  1. Anak mengambil kartu kata bergambar contoh gambar mata.
  2. Kemudian anak memutar roda pintar mencari kata sesuai pada kartu kata bergambar contoh mata.
  3. Pada papan 3 anak memutar roda mencari gambar mata yang terdapat suku kata “ma”.
  4. Pada papan 2 anak memutar mencari huruf “t”.
  5. Pada papan 1 anak memutar mencari huruf vocal “a”.
  6. Kemudian anak membaca kata tersebut “ma ta”
  7. Bisa dilanjutkan membaca kata yang lainnya.

Tujuan dari penggunaan media ini adalah untuk menarik minat anak dalam kegiatan membaca kata. Sehingga anak menjadi senang dan tidak terbebani membaca menggunakan buku membaca.

Semoga bermanfaat informasi diatas bagi kita semua khususnya anak usia dini.

Penulis : Yusrotus Syafiah, S.Pd Guru TK Islam Al Amin 01, Malang Jawa Timur

Related posts