Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Dengan Permainan Sirkuit Buah Mangga.

Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Dengan Permainan Sirkuit Buah Mangga

RadarJateng.com, Pendidikan Pembelajaran pada anak usia dini haruslah menyenangkan dan dapat mengembangkan aspek perkembangan anak. Salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan yaitu Fisik motorik kasar. Motorik   kasar   adalah   gerakan   tubuh  yang    menggunakan    otot – otot    besar,    baik sebagian   besar   atau   seluruh   anggota   tubuh yang  dipengaruhi  oleh  kematangan  anak  itu sendiri.  Pengembangan  gerakan  motorik  kasar memerlukan   koordinasi   dari   otot-otot   anak. Kegiatan    motorik    kasar    dapat    dirangsang melalui  kegiatan  berlari,  berjalan,  melompat, meloncat    dan    sebagainya    (Hadis  dalam Bambang    Sujiono, 2003).

Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Dengan Permainan Sirkuit Buah Mangga

Salah satu permainan yang menyenangkan dan dapat mengembangkan aspek perkembangan fisik motorik anak yaitu dengan permainan sirkuit buah mangga. Menurut (Soekarman, 1987: 70) menyatakan bahwa latihan sirkuit adalah suatu program latihan yang dikombinasikan dari beberapa item-item latihan yang tujuannya dalam melakukan suatu latihan tidak akan membosankan dan lebih efisien. Latihan sirkuit akan mencakup latihan 1) kekuatan otot, 2) ketahanan otot, 3) kelentukan, 4) kelincahan, 5) keseimbangan, dan 6) ketahanan jantung. Pengaruh pemanfaatan permainan sirkuit terhadap kemampuan fisik motorik kasar anak sejalan dengan teori yang disampaikan oleh Hadisamita & Syarifuddin, (1996: 110) bahwa latihan sirkuit merupakan suatu sistem latihan yang dapat menghasilkan perubahan-perubahan positif pada kemampuan motorik dan memperbaiki kesegaran jasmani pada tubuh, antara lain kekuatan otot (muscular strength), daya tahan, kecepatan, dan fleksibilitas. Oleh karena itu, permainan sirkuit dapat dijadikan alternatif dalam merangsang kemampuan fisik motorik kasar anak.

Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Dengan Permainan Sirkuit Buah Mangga

Pada permainan sirkuit buah manga  terdapat berberapa pos-pos kegiatan, seperti melompat, meloncat dan berlari zig-zang.  Cara permainan sirkuit buah manga yaitu:

Read More
  1. Anak-anak berbaris rapi
  2. Setiap anak mengambil tiruan buah manga yang ada pada keranjang
  3. Anak harus melompat sambil mengenggam tiruan buah manga yang dibawanya
  4. Kemudian anak meloncat dengan satu kaki
  5. Anak berlari zig zag
  6. Setelah melewati berbagi rintangan anak harus menempelkan tiruan buah manga yang dibawa sesuai urutan barisan pada pohon angka.

Selain dapat mengembangkan fisik motorik kasar anak, permainan ini juga dapat mengembangakan aspek kognitif anak.

Penulis: Novita Rizki Amalina, S.Pd, TK PGRI 1 Bantur, Malang-Jatim 

Related posts